Eksotika Kota Legen

0

TubanTuban, selain terkenal dengan minuman khasnya berupa legen, ternyata kota ini juga mempunyai keindahan alam yang cukup memikat hati untuk dikunjungi. Tempat wisata tersebut antara lain adalah :

Wanawisata Sowan
Wanawisata Sowan atau lebih dikenal dengan pantai Sowan terletak di Kecamatan Bancar, kurang lebih 40 km arah barat Kota Tuban. Jika anda melewati jalur Pantura, maka anda akan melewati wana wisata ini. Wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani ini menawarkan keindahan panorama pantai yang sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan.Tuban2
Kesan pertama begitu sampai di tempat ini adalah sebuah pantai yang indah, luas dan masih alami. Disatu sisi dengan hamparan pasir putih, dan disisi lain terdapat beberapa bebatuan yang membuatnya semakin cantik. Selain itu, juga terdapat pepohonan yang menambah keasrian tempat wisata ini.
Pengunjung biasanya memadati wisata ini diakhir pekan dan hari-hari libur. Karena masih alami, fasilitas yang ada disini boleh dibilang minim. Tapi untuk warung tempat makan sudah tersedia, tapi hanya sedikit. Kalau hanya sekedar untuk duduk sejenak melepas lelah juga bisa. Yang pasti, jangan lupa untuk membawa kamera, sebab sayang sekali jika anda melewatkannya tanpa mengambil gambar ditempat wisata ini.

Tempat ini menyuguhkan keindahan pantainya dengan butiran-butiran pasir yang berwarna putih, karang-karang yang indah dan juga bebatuan alami yang menarik. Dengan membayar karcis masuk Rp2000,- anda sudah bisa menikmati keindahannya.

Gua Putri Asih
Gua ini terletak di tengah hutan jati yang masih alami, di daerah Montong Kabupaten Tuban. Gua ini menyuguhkan panorama alami berupa gua dengan indahnya stalaktit dan stalakmit yang bermunculan dan bergelantungan di dinding gua. Yang paling indah dari gua ini adalah ada sebuah stalaktit dan stalakmit yang sangat besar yang menyerupai dengan selendang putri. Usahakan anda datang kesini pada saat hari libur, karena pada hari biasa terkadang tutup.

Kwan Sing Bio
Kwan Sing Bio adalah tempat ibadah Tri Dharma yang ada di kota Tuban. Menurut Nur Iskandar, staff seketariat Kwan Sing Bio, bahwa nama Kwan Sing Bio sendiri berarti klenteng dari marga Kwan.
Iskandar menambahkan, menurut versi cerita yang sudah turun temurun bahwa klenteng ini berdiri kira-kira pada tahun 1700 an ketika saat itu banyak orang Tionghoa yang mengungsi ke Timur waktu itu terjadi pemberontakan di Batavia. Pada saat itu, banyak orang Tionghoa yang dibunuh disana. Nah ketika itu, ada warga Tambak Bayan (salah satu kecamatan yang ada di Tuban) yang mempunyai patung Kwan Sing Ting, karena mengungsi maka patung tersebut dibawa dengan rumahnya sekalian dengan menggunakan perahu. Sesampainya di laut Utara pulau Jawa, ternyata perahu yang ditumpangi patung tersebut berputar-putar terus sehingga diadakan acara ritual ternyata didapatkan isyarat kalau minta diturunkan disini (Tuban).Tuban3
Klenteng ini selain banyak dikunjungi oleh umat anggota dari Tuban, juga banyak dikunjungi oleh umat lain seperti dari Kalimantan, Surabaya dan kota lainnya. Tidak hanya itu, wisatawan juga banyak datang ke tempat ini. Klenteng ini ramai dikunjungi pada saat hari kelahiran yang dipuja. Untuk tahun ini jatuh pada tanggal 04 Agustus.
Bagi mereka yang dari luar kota Tuban, Klenteng ini mempunyai tempat penginapan, namun dengan batas waktu 2 hari sesuai dengan aturan keamanan pihak yang bersangkutan.
Setiap hari, Kwan Sing Bio menyediakan makanan gratis bagi siapapun yang ingin makan disana asalkan tidak dibawa pulang. Juga terdapat teh gratis, yang mana Teh tersebut dipercaya bisa menyembuhkan segala macam jenis penyakit

Siwalan dan Legen
Berkunjung atau melewati kota Tuban rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi buah siwalan dan legen. Legen sebenarnya adalah air nira yang keluar dari pohon Siwalan melalui tangkai tandan bunga yang dipotong atau diiris atau disadap atau dideres. Tuban4 Nah untuk mendapatkan air legen yang asli dan langsung dari pohon, anda bisa datang ke pemilik kebun pada pagi hari atau sore hari sekitar pukul 16.00-17.00 WIB, karena para petani pada saat itu baru menurunkan hasil penyadapan/penderesan. Daerah yang banyak menghasilkan siwalan dan legen adalah kecamatan Palang dan Semanding.