Kreatif Dengan Tensi Humor




a1Selera humor membuat kita menikmati dan menjalani hidup ini lebih ceria, humor merupakan keadaan, perbuatan, maupun perkataan yang bisa menimbulkan kesan lucu, sehingga memancing reaksi kita untuk tertawa. Menghabiskan waktu bersama dengan tertawa, merupakan cara yang sederhana sekaligus menyenangkan, untuk membuat kedekatan dengan anggota keluarga, teman, rekan kerja, relasi bisnis, dan sebagainya. Tertawa seringkali dikaitkan dengan hidup sehat, meskipun tidak semua yang tertawa jiwanya sehat, tapi untuk menyehatkan jiwa orang perlu tertawa, karena tertawa juga termasuk bagian dari olahraga, sekaligus olah jiwa.

Sebagian besar penyakit ada hubungannya dengan stres, yang dapat memicu hipertensi, depresi, insomnia, migrain, penyakit jantung dan lain sebagainya. Tertawa bisa menurunkan derita seseorang yang stres karena beban pikiran. Ketika kita tertawa, kondisi otot-otot yang tadinya tegang akan menjadi lebih rileks, tertawa juga dapat melebarkan pembuluh darah yang sempit, sehingga dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Tertawa merupakan meditasi atau teknik relaksasi yang sederhana dan dinamis. Berbeda dengan meditasi umumnya, saat tertawa orang tidak perlu memusatkan pikiran, serta bisa membuat relaks dalam waktu yang singkat.

Humor dapat membuat kita tertawa, untuk dapat mengamati, merasakan atau mengungkapkan humor, individu dituntut untuk memiliki Sense Of Humor (rasa humor). Individu yang memiliki rasa humor mampu melakukan introspeksi terhadap perilakunya, dapat berpandangan berbeda, tidak kaku, serta cenderung memandang cara-cara baru dalam menghadapi masalahnya, sehingga dapat melatih diri untuk mampu berpikir lebih fleksibel. Pribadi yang humoris seringkali dianggap sebagai pribadi yang menyenangkan, oleh karena itu tak jarang kategori ‘Humoris’ masuk dalam kategori mereka-mereka yang sedang mencari pasangan hidupnya.

Rasa humor sebenarnya merupakan kemampuan yang dimiliki oleh semua umur, dan dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Humor sehat juga dapat membuat anak-anak lebih sehat, lebih cerdas, serta menikmati masa kecil mereka. Sebenarnya selera humor bukanlah bawaan atau keturunan, tetapi sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Tensi humor atau rasa humor yang tinggi akan membuat seseorang lebih kreatif, dalam menjalani keseharian hidupnya. Tak jarang kita menemui banyak Public Figur, yang mempunyai rasa serta selera humor yang tinggi, dan begitu kreatif di bidangnya.

Lain halnya dengan seorang komedian yang memang di tuntut untuk memiliki rasa atau selera humor yang tinggi, seperti Raden Keliek Sumaryoto (Kelik Pelipur Lara) dan Rowan Atkinson (Mr. Bean), orang yang tidak berprofesi sebagai komedian pun banyak yang memiliki selera atau rasa humor yang tinggi. Mulai dari mantan presiden Abdurrahman Wahid, Pendakwah setenar Abdullah Gymnastiar, serta Motivator sekaliber Mario Teguh, memiliki gaya berbicara serta berkomunikasi yang disukai masyarakat, dan dinilai sebagai orang-orang yang memiliki rasa atau selera humor yang tinggi, di bidangnya.

Seiring perkembangan jaman, perkembangan dunia humor juga berkembang sangat pesat, apalagi tingkat stres di negara kita ini juga cukup tinggi. Banyak masyarakat yang menyukai dunia humor untuk menurunkan tingkat stres mereka, atau sekedar menghibur diri, serta orang-orang disekitar mereka. Mulai dari iklan media sampai program televisi dikemas dengan selera humor yang tinggi, seperti halnya tema-tema Stand Up Comedian yang lagi ngetren saat ini. Dunia kelakar memang sangat menarik dan menyenangkan, berbahagialah jika Anda atau orang-orang disekitar Anda masih mempunyai selera humor.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*