Asosiasi Pilot Drone Indonesia

0

Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI)

Hobi yang Datangkan Rejeki

 

 

Jangan anggap remeh sebuah hobi. Sebab jika ditekuni dengan serius, hobi bisa mendatangkan rejeki.

 

Sebagian orang menganggap hobi sebagai bagian dari kesenangan, namun ada sekelompok orang yang menjadikan hobi sebagai sarana untuk mengeksplorasi bakat dan ketrampilan mereka. Akibatnya, mereka saling berkelompok dan mengembangkan ketrampilan yang dimiliki.

“Tadinya kami hanya sekedar kumpul dan saling bertukar ilmu tentang drone. Tapi kemudian ada teman yang merupakan anggota kepolisian minta tolong untuk diambilkan gambar suasana demo buruh dengan menggunakan drone,” jelas Rikko Sutanto, Event Coordinator Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) kepada Iklan Pos, Kamis (19/5).

Setelah melihat hasilnya, ternyata pihak kepolisian sangat terbantu dengan keberadaan drone tersebut. Akhirnya muncul ide untuk membentuk asosiasi bagi pecinta drone, tujuannya membuka kesempatan untuk mengembangkan diri sekaligus memberi sertifikasi pada anggota dalam mengendalikan drone.

“Drone itu bukan sekedar kamera. Banyak aturan yang harus dipenuhi, misalnya tentang ketinggian, di lokasi mana saja bisa menerbangkan drone, dan teknik pengambilan gambar yang bagus,” kata Danang Firmansyah dari APDI. Diakui bahwa saat ini banyak pihak yang mengoperasikan drone dengan ‘ngawur’. “Saya pernah lihat di sosmed ada orang motret pesawat yang mau landing dengan menggunakan drone. Ini sangat bahaya karena bisa mengganggu radar penerbangan. Saya juga nggak habis pikir, apa mereka tidak memperhatikan keselamatan penumpang pesawat itu,” tambahnya.

Itu sebabnya, tidak sembarang orang bisa mengendalikan drone. Dalam asosiasi ini, antar anggota bisa saling belajar. Bahkan tak jarang, anggota dari Jakarta dan kota-kota lain berkumpul untuk berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengemudikan drone.

Rikko sendiri tertarik dengan drone berawal dari hobinya merakit mainan. “Tadinya saya tertarik dengan aeromodelling. Saya tertantang untuk merakitnya, lalu saya browsing cara mendapat spare part-nya. Pas lagi cari spare part ternyata si pemilik toko malah nawarin gabung di komunitas drone. Akhirnya saya coba bergabung dan ternyata banyak anggota yang memiliki hobi dan kesamaan dalam berpikir,” paparnya.

Saat ini, karyawan sebuah perusahaan IT itu malah sangat terbantu dengan keberadaan APDI. Selain bisa mengembangkan diri, dia juga mendapat banyak pesanan video drone. Permintaan itu biasanya untuk kegiatan pernikahan, perusahaan tambang, stasiun televise, maupun pabrik-pabrik. Bahkan dia sudah memiliki tim untuk memenuhi permintaan tersebut.

Ke depan APDI berencana untuk makin mengembangkan diri. Selain menambah jumlah anggota, mereka juga ingin memberikan sertifikasi untuk anggota di Jawa Timur. Tujuannya agar anggota tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk mendapatkan sertifikasi. (noe)