Kiat Sukses, Investasi Pada Perdagangan Berjangka Komoditi




KiatSuksesInstrumen Investasi kontrak berjangka komoditi merupakan kegiatan jual-beli komoditi / asset dengan penyerahan kemudian berdasarkan kontrak berjangka.
Ada beberapa ciri khusus yang menjadi keistimewaan instrument investasi ini, diantaranya adanya kontrak standar, adanya margin sebagai jaminan perdagangan dan penyerahan komoditi secara fisik bukanlah tujuan utama.
Instrumen investasi kontrak berjangka komoditi memiliki kharakteristik dimana tujuan dari investasi ini adalah untuk mengelola resiko dari portofolio investasi investor. Hal ini dapat dilakukan karena modal yang dibutuhkan dalam investasi ini relatif kecil 5 – 10 % dari nilai kontrak komoditi yang diperdagangkan.
Yang menarik dari instrumen ini adalah 2 way opportunity artinya investor dapat masuk ke pasar baik pada saat pasar bergerak BULLISH maupun BEARISH. Keuntungan juga dapat diperoleh baik pada saat harga turun maupun harga naik jika investor ingin menyelesaikan transaksinya, maka investor dapat memilih untuk mendapatkan komoditi fisik atau dengan cash settlement.
Meskipun sangat menarik para investor sebaiknya benar –benar memahami bahwa return yang besar pasti juga disertai resiko yang seimbang pula. Kondisi iini juga berlaku bagi investor pada kontrak berjangka komoditi investor dianjurkan memilkiki pemahaman yang baik tentang kondisi pasar dan aturan-aturan dalam investasi di perdagangan berjangka; dana yang digunakan adalah dana yang berlebih mengingat resiko cukup besar dan investor haruslah matang dalam emosi dan siap menanggung resiko.
Mengingat banyaknya kasus dimana para investor tertipu oleh pihak-pihak yang mengaku sebagai pialang berjangka, perlu diketahui hal penting dalam memilih pialang berjangka yang dapat mewakili investasi Anda. Umumnya investor yang tertipu tergiur oleh janji keuntungan yang sangat besar dengan resiko yang hampir tidak ada. Perlu diketahui oleh siapapun yang ingin berinvestasi bahwa setiap investasi pasti memiliki resiko. Investasi dengan return yang tinggi, resikonya juga pasti tinggi.
Hal penting dalam memilih Pialang Berjangka adalah :
Pastikan Pialang berjangka yang anda pilih haruslah memiliki legalitas dan menjadi anggota bursa berjangka (www.bappebti.go.id / www.bbj-jfx.com ).
Pastikan Pialang Anda memberlakukan SPREAD dan KOMISI yang sesuai dengan ketentuan.
Pastikan Pialang Anda memberikan pelayanan dan sarana yang baik (platfom trading on line).
Pastikan Anda memperoleh penjelasan yang cukup tentang kemungkinan resiko dengan sejelas-jelasnya.
Pastikan Anda tranfer ke Segregated Account (rekening terpisah) bukan pada rekening Operasional Perusahaan. (www.kjbk.co.id)
Jangan percaya pada perusahaan pialang berjangka yang menjajikan FIXED INCOME. Ingat, Perdagangan berjangka memiliki return dan resiko yang cukup tinggi sehingga tidak mungkin ada return tertentu yang dapat dijamin.
Hati-hati dengan ROBOTIC TRADING, Automaded trading bukanlah “dewa” yang langsung membawa Anda pada keuntungan instan. belajarlah pada orang yang berkompeten dibidangnya, hadiri training2 dan seminar2 yang membahas tentang seluk beluk Perdagangan Berjangka (www.vibiznews.com).

Oleh : Margono Moeljopoetro (Operational & Development Manager, PT.Askap Futures Surabaya)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*