Stroke Tidak Hanya Menyerang Lansia

0

strokeStroke merupakan penyakit yang menjadi momok bagi setiap orang karena stroke menyerang dengan tiba-tiba. Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. WHO mendefinisikan bahwa stroke adalah gejala-gejala defisit fungsi susunan saraf yang diakibatkan oleh penyakit pembuluh darah otak.
Orang yang menderita stroke sering tidak menyadari bahwa ia terkena stroke. Tiba-tiba saja penderita merasakan dan mengalami kelainan seperti lumpuh pada sebagian sisi tubuhnya, bicaranya menjadi tidak lancar, pandangan kabur dan lain sebagainya tergantung dari bagian otak mana yang terkena stroke.
Stroke tidak saja hanya menyerang kelompok lansia saja, kelompok usia produktif bisa terkena stroke. Menurut Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) sebagaimana dilansir medicastore.com, terdapat kecenderungan meningkatnya jumlah penyandang stroke di Indonesia dalam dasawarsa terakhir. Kecenderungannya menyerang generasi muda yang masih produktif. Hal ini akan berdampak terhadap menurunnya tingkat produktifitas serta dapat mengakibatkan terganggunya sosial ekonomi keluarga.
Pengobatan stroke bisa dilakukan secara medis maupun dengan mengkonsumsi ramuan-ramuan dari tanaman herbal alami. Misalnya pada stroke yang terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah otak, tanaman yang dipakai misalnya jintan hitam (nigella sativa) yang berfungsi memperbaiki peredaran darah ke otak dan sebagai nutrisi bagi sel otak untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3).