Skoliosis Pada Masa Anak Dan Remaja

0

aSkoliosis adalah kelengkungan tulang belakang dari samping ke samping. Tulang belakang memiliki kelengkungan normal bila dilihat dari samping. Bila dilihat dari depan atau belakang tulang belakang yang normal akan tampak lurus. Skoliosis biasanya mempengaruhi dua kelompok usia, yaitu anak-anak atau remaja dan orang tua. Anak-anak atau remaja dengan skoliosis mungkin tidak menyadari ada masalah karena kondisi ini biasanya tidak menyebabkan rasa nyeri.

Cara sederhana untuk mendeteksi skoliosis adalah dengan meminta anak untuk membungkuk dan memeriksa punggung dari belakang. Satu sisi punggung lebih tinggi dari sisi yang lain di skoliosis. Hal ini karena rotasi tulang belakang selalu terjadi di skoliosis. Sebagian besar skoliosis tidak memerlukan operasi. Pengobatan tergantung dari usia anak dan besarnya kurva. Pengobatan dini yang sederhana seperti brace dapat menghambat pertumbuhan kurva.

Sebagian besar skoliosis di anak-anak tidak diketahui penyebabnya. Penyebab lainnya yang jarang adalah tulang-tulang belakang yang tidak terbentuk dengan sempurna (congenital scoliosis), kelainan di saraf kecil dan besar, otak dan otot, kaki yang satu lebih pendek dari yang lain dan tumor di tulang belakang. Penanganan sederhana seperti mempertinggi sepatu di kaki yang pendek sering kali dapat menyembuhkan skoliosis.

Oleh : Dr. Tony Setiobudi BMedSci (Sydney), MBBS (Flinders), MMed (Ortho), FRCS (Ortho) (Edinburgh) – Consultant Orthopaedic and Spine Surgeon, Alexandra Hospital, Singapore.