Jaipur The Pink City




a1Mudah sekali untuk menyebutkan ciri khas kota Jaipur dibandingkan kota-kota lain di provinsi Rajasthan – India, begitu kata Agung Basuki (pemilik TravelHemat.com dan TravelHematShop.com) yang kali ini mengajak Anda berkunjung ke kota berpenduduk 3 juta jiwa ini. Salah satunya adalah bahwa hampir seluruh bangunan di kota ini, rata-rata temboknya didominasi oleh warna pink atau merah muda.

Bagi mereka penyuka seni dan budaya eksotis khas India, kota yang didirikan pada abad ke-18 oleh Sawai Jai Singh ini boleh dijadikan pilihan untuk kunjungan perjalanan wisata Anda.Salah satu sequel film James Bond era Roger Moore – Octopussy – mengambil lokasi shooting di salah satu istana megah yang terletak di kota yang dikenal sangat eksotis dan picturesque ini. Amber Fort merupakan benteng megah dengan seni arsitektur tingkat tinggi, tempat ini bisa dijadikan contoh sempurna tentang akulturasi budaya Hindu dan Islam yang tercermin dari setiap detil ornamen yang ada di dalam dan di luar bangunan yang ada di komplek benteng ini.

Masih di seputaran Amber Fort, pengunjung bisa mencoba sensasi melakukan perjalanan keliling benteng dengan naik gajah yang dikenal dengan Elephant Safari. Gajah-gajah tersebut sengaja dihias dan dirias sedemikian rupa hingga tampak manis dan cantik, apalagi kalau bukan dengan bahan-bahan berwarna pink, yang menjadi ciri khas daerah ini. Tak cuma itu, para pemandu sekaligus ‘sais’ dari gajah-gajah, yang terdiri atas para pria muda pun rata-rata mengenakan sorban atau penutup kepala dari kain yang didominasi oleh warna pink!

Satu lagi tempat yang sangat pas untuk menikmati keindahan seni arsitektur hasil paduan pengaruh gaya dinasti Rajput dan Mughal adalah The City Palace, sebuah komplek istana yang luasnya hampir sepertujuh dari keseluruhan luas ‘Kota Merah Muda’ ini. Satu hal lagi yang mungkin tidak bisa ditemukan tatkala berada di negeri sendiri adalah menyaksikan tarian cobra (Cobra Danca2e). Biasanya pertunjukan ini diadakan di tengah pusat keramaian publik seperti di pasar tradisional dan komplek penjualan kerajinan serta souvenir.

Terletak agak jauh terpisah dari komplek lainnya di The City Palace, terdapat Hawa Mahal (Palace of the winds) yang menjadi salah satu landmark kota yang paling terkenal ini. Tempat yang sengaja dibangun di dekat jalan raya ini sebenarnya hanyalah sebuah tembok tinggi berwarna merah yang penuh dengan ukiran hand-made nan menawan. Di tembok tersebut terdapat banyak jendela berukuran kecil, yang pada masa lalu dipergunakan sebagai tempat para putri raja beserta dayang-dayangnya, untuk mengintip aktifitas masyarakat di luar istana.

Jaipur dikenal dengan pengrajin perhiasan berkualitas tinggi, hasil rangkaian aneka batu mulia seperti topaz, ruby, emerald, dan juga Amethyst yang dirangkai bersama perak, emas atau platinum bisa ditemukan disini. Dari segi harga, memang produk-produk perhiasan ini cukup mahal karena dibuat sepenuhnya secara hand-made. Produk oleh-oleh yang tidak boleh dilupakan saat berada di negeri Hindustan ini adalah Teh India (Darjeeling, Assam dan Niligiri). Produk-produk gerabah berukir maupun aneka patung gajah, yang terbuat dari tanah liat yang dibakar dan dikeringkan merupakan satu lagi produk unggulan Jaipur, silahkan mampir ke berbagai pasar tradisional yang bisa ditemukan di pusat kota.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*