Teknologi Berubah Ikuti Atau Mati !

0

a1Monitor
Monitor 14” dengan lebar 640 pixel segera berkembang menjadi 800 pixel, dan tak lama kemudian digantikan monitor 17 inch berukuran 1024 atau 1280 pixel. Saat laptop populer, layar tak lagi membesar, namun menjadi lebih variatif. Format widescreen menjadi lazim.

Belakangan gadget menyerbu. Tablet dan smartphone hadir dengan berbagai ukuran. Ukuran layar justru mengecil lagi! Kadang hanya 320 pixel saja. Posisinya pun tak lagi pasti. Gadget bisa diputar horizontal/vertikal tergantung posisi mana yang nyaman.

Apa kabar website anda? Jika dibuat zaman 800 pixel, maka web anda akan kelihatan kecil di laptop-laptop baru. Namun jika dibuat zaman 1024 pixel, justru pengguna gadget kini kesulitan menentukan setelan zoom yang pas untuk membacanya.

Saatnya berubah! Sediakan mobile version agar pengguna smartphone nyaman, atau gunakan “responsive design” agar tampilan bisa menyesuaikan gadget-gadget terbaru.

Mouse
Bagi anda yang pernah belajar WordStar dan Lotus, tentu anda ingat bahwa saat itu belum ada mouse. Anda menggunakan keyboard untuk melakukan semuanya. Zaman Windows tiba, adalah normal jika sebuah menu menampilkan dropdown saat anda mengarahkan cursor di atasnya (tanpa perlu mengklik).

Jika menu website anda seperti itu, kini anda harus mencoba mengaksesnya di gadget yang menggunakan layar sentuh, misalnya iPad. Anda mungkin tak sadar bahwa menu yang anda kira normal-normal saja, kini sama sekali tak berfungsi di tablet. Mengapa? Karena anda tak lagi butuh mouse. Tak ada lagi cursor yang bisa diarahkan. Sebagai gantinya, kini orang biasa menggeser-geser layar dengan nyaman. Bisakah tampilan web anda digeser ?

Saatnya berubah! Jangan biarkan web anda tak berfungsi di gadget terkini!

Siap berubah? Angkat telepon anda, hubungi (031) 503-7020 segera!
Betapa memalukannya menjadi pengekor kompetitor.
Ikuti trend terkini, jadilah pelopor!

Catatan:
Foto seperti bulan lalu. Ukuran dan penempatan silakan disesuaikan. Kalau space memungkinkan, barcode BB bisa dimauskkan. Jika tidak, no problem jika PIN hanya ditulis saja (tanpa barcode).
Tulisan dalam kotak mohon dibuat eye-catching (ukuran font diperbesar, atau warna yg menyolok dibandingkan sekelilingnya, tolong diatur saja)
Ilustrasi “death of the mouse” sekedar kebetulan nemu. Ga usah dipakai gapapa 🙂 Sekedar sumbangan input untuk pengisi kalau pas bingung ngisi layout 🙂