Siapa Cepat Dia Yang Dapat !

0

aSatu hal yang tidak berubah di dunia ini adalah perubahan itu sendiri. Pada tahun 2000-an, semua orang mencari Handphone bermerek Nokia, karena pengoperasiannya sangat mudah. Setelah itu Sony Erickson mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda dengan kualitas musiknya. Pangsa pasar pun berubah. Tidak lama berselang, Blackberry pun mulai mengambil pasar yang cukup dominan. Namun setelah munculnya Android, seperti yang kita tahu, Blackberry pun mulai kehilangan pangsa pasar.

Begitulah yang terjadi di dunia usaha kita. kalau kita tidak cepat melihat peluang keinginan pasar, kita akan ditinggalkan oleh customer. Seringkali banyak manager atau bahkan CEO yang tidak menyadari betapa cepatnya perubahan pasar yang terjadi. Mereka disibukkan dengan data dan laporan bulanan, sibuk menangani pelanggaran bawahannya, sehingga mereka lebih sering menghabiskan waktunya berada di balik meja, dan bukan melihat langsung kondisi pasar di lapangan.

Banyak konsep-konsep yang diungkapkan oleh para manager maupun owner tidak bisa diaplikasikan, karena tidak melihat permasalahan secara langsung yang terjadi di lapangan. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan kesempatan pengembangan pada akhirnya menjadi terhambat. Karyawan yang mengetahui permasalahan di lapangan secara langsung tidak dapat segera menyelesaikan permasalahannya, dikarenakan birokrasi komunikasi yang berbelit dan tidak adanya pengambilan keputusan yang cepat.

Dengan perkembangan era informasi ini, bukanlah perusahaan yang besar yang akan memenangkan kompetisi, namun perusahaan yang cepatlah yang akan dapat mengambil peluang dan memenangkan kompetisi. Semoga bermanfaat.

Dapatkan FREE konsultasi atau Training mengenai strategi-strategi efektif meningkatkan omzet dan mengatasi pemborosan di perusahaan Anda dengan menghubungi 081332395071

By: Reza Rifanto M.Psi.,Psikolog (Consultant, book writer)