Panduan Memilih Kamera DSLR Bagi Fotografer Pemula

0

bSesuaikan Kebutuhan dengan Budget
Jangan sampai kita membeli kamera mahal yang terlalu canggih sementara banyak fitur yang tidak kita perlukan. Karena kalau sudah bicara tentang kamera DSLR, kita harus juga menyertakan point lain terutama lensa dan beberapa aksesoris penting lain. Pastikan dulu kebutuhan Anda kebanyakan nanti untuk motret apa dan sesuaikan dengan lensanya.

Merek
Semua merek membawa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau tidak punya pilihan, akan lebih baik jika disesuaikan dengan populasi merek kamera di lingkungan kita. Hal itu akan memudahkan kita untuk beradaptasi dan belajar. Disamping kesesuaian merk juga akan memudahkan bagi kita untuk saling bertukar lensa dan aksesoris.

Megapixel
Pemahaman mudah tentang megapixel adalah daya tampung sensor kamera yang menentukan foto Anda nanti akan bisa dicetak sebesar apa. Sebetulnya, untuk keperluan dokumentasi sehari-hari, kamera dengan 10 pixel sudah cukup. Kecuali jika Anda hendak menghasilkan foto-foto untuk keperluan cetak sangat besar, baru Anda membutuhkan kamera-kamera beresolusi besar pula.

Kelengkapan dan Harga Aksesoris
Kalau ada keinginan untuk masuk di dunia fotografi profesional. Pasti akan banyak sekali item-item aksesoris yang kita butuhkan nantinya. Hal ini akan sangat merepotkan kalau kita salah memilih kamera.

Spesifikasi dan Fitur
Semakin kamera itu baru, maka dapat saya pastikan fiturnya akan lebih bagus dibanding kamera sebelumnya. Tapi patut diingat kalau tidak semua fitur canggih ini kita perlukan. Lebih baik kita cari referensi sebanyak-banyaknya dulu soal fitur-fitur ini.

Kemudahan Service
Kamera digital SLR adalah barang elektronik yang bukan tidak bisa rusak. Semakin banyak melibatkan komponen elektronik, kamera jadi semakin mudah rusak. Untuk itu kemudahan service juga penting untuk diperhatikan.

Layanan Aftersales
Akan lebih baik jika kamera yang Anda pilih adalah kamera yang jelas garansinya. Usahakan juga Anda membelinya dari toko yang bersedia membantu Anda jika terjadi apa-apa dengan kamera Anda.