Mengukur Keberhasilan Website Anda

0

a2Selama ini anda tentu sudah familiar dengan counter pengunjung di website anda. Dari situ anda bisa melihat seberapa banyak pengunjung website anda. Titik. Bagaimana jika anda ingin evaluasi yang lebih mendalam?

Gampang. Google menyediakan tool gratis bagi anda untuk mengukur secara lebih komprehensif dengan Google Analytics. Selain jumlah pengunjung, anda bisa melihat dari negara mana saja mereka berasal. Penyajian secara visual melalui sebuah peta dunia akan memudahkan pemahaman anda.

Apakah pengunjung menemukan anda dari mengetik langsung alamat website anda, atau dari mengklik link di website lain, atau dari search engine? Itu juga bisa anda ketahui. Jika memang dari search engine, kata kunci apa saja yang mereka gunakan?

Lebih jauh, anda juga bisa melihat browser apa saja yang banyak digunakan. Halaman mana yang paling ramai dikunjungi, dan berapa lama pengunjung berhenti di halaman tersebut. Seberapa baguskah kecepatan loading masing-masing halaman? Dengan fasilitas in-page analytics, anda bahkan bisa melihat secara visual bagian mana saja dari website anda yang paling sering diklik.

a1Itu semua tersedia gratis. Anda tinggal mengaksesnya di www.google.com/analytics setelah sebelumnya mendaftar dan memasukkan kode tertentu ke website anda. Jika anda menggunakan paket website dari www.fiesto.com, anda tak perlu pusing memusingkan kode tersebut. Anda tinggal klik saja untuk mulai menganalisis kinerja website anda !

Junaidi Kurniawan

www.fiesto.com

031 5052747