Menggali Ilmu Fotografi (2)

0

Banyak jalan untuk belajar ilmu fotografi. Kalau di tulisan bagian pertama yang lalu dibahas dua cara paling populer belajar fotografi, di bagian kedua ini akan ditambah dengan beberapa cara yang mungkin jarang difikirkan.

Belajar fotografi berikutnya yang juga banyak dilakukan orang di era modern ini adalah dengan menggali referensi online. Istilahnya, kalau kita bisa memanfaatkan internet segalanya akan jadi mudah. Hampir semua pertanyaan fotografi jawabannya ada di internet. Apalagi kalau kita rajin memantau portal-portal fotografi online.

Di portal-portal ini sangat banyak referensi. Terutama referensi foto-foto bagus yang biasanya sudah dilengkapi dengan data teknis pembuatan dan kadang-kadang sekaligus dengan cara edit atau olahannya. Yang lebih menarik, bahkan beberapa merk sudah memiliki komunitas user online. Dengan komunitas yang satu ini, wadah untuk berbagi dan bertanya menjadi lebih spesifik.

Terakhir, yang paling recommended dilakukan menurut saya adalah dengan berkomunitas. Di Surabaya, komunitas foto yang membentuk klub-klub kecil sangat banyak bertebaran. Ada yang berbasis merk kamera, berdasar pada ketertarikan aliran fotografi (macro, landscape, model) pertemanan, klub BBM, klub Facebook, klub instansi, sekolah dan lain-lain.

Mengapa saya bilang kalau berkomunitas merupakan cara paling bagus untuk memperdalam ilmu fotografi ? Yang pasti bahwa di komunitas pasti akan banyak sumber pengetahuan, minimal dari member-member yang sudah lebih lama menggeluti fotografi. Lebih bagus lagi kalau komunitas yang kita pilih adalah komunitas yang konsen dengan edukasi fotografi.

Kesimpulannya, banyak pilihan untuk mengembangkan ilmu fotografi. Yang pasti jangan sia-siakan kamera yang Anda beli dengan harga mahal. Maksimalkan sebisa mungkin untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. (Dipersembahkan Oleh Sentra Digital)