Mengenal Penyimpan Data Google Drive

0

a1

Layanan ini memberikan kemudahan bagi kita untuk menyimpan dan mengakses data, serta berbagi data dengan orang-orang yang kita kehendaki, kapan saja dan dimana saja.

Pesatnya perkembangan arus informasi dan teknologi yang ada, membuat kita harus mengikutinya dan selektif dalam memilih media yang ada, agar kita bisa mendapatkan keuntungan, kemudahan, dan manfaat darinya. Berkembangnya teknologi Cloud Computing saat ini membuat kita harus mengenalnya, agar dapat merasakan manfaat dari teknologi ini. Cloud Computing menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasikan IEEE Internet Computing, Cloud Computing (Komputasi Awan) merupakan suatu paradigma dimana informasi (data) secara permanen tersimpan di server internet, dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna atau media lainnya.

Saat ini hard disk tidak lagi menjadi media tunggal dalam penyimpanan data, sudah banyak orang yang menyimpan informasi secara online, baik itu data foto, video, serta dokumen lainnya. Sekarang banyak media penyimpanan data online yang tersedia, dan bisa kita manfaatkan secara gratis, salah satunya adalah Google Drive. Google Drive merupakan layanan berbasis komputasi awan, yang menyediakan ruang online untuk menyimpan segala data yang kita miliki. Layanan ini memungkinkan pengguna mengunggah (menyimpan) dan mengakses, serta berbagi data-data yang telah disimpan dari mana saja dan kapan saja, dengan menggunakan akses internet yang ada.

Rumor tentang layanan berbasis komputasi awan milik Google ini sudah beredar lama, dan baru pada ahir April 2012 kemarin secara resmi diluncurkan. Sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui serta merasakan manfaatnya, padahal layanan ini memberikan kemudahan bagi kita, untuk menyimpan data, mengakses data, serta berbagi data dengan orang-orang yang kita kehendaki. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs, Google Drive saat ini memberikan layanan penyimpanan data gratis dengan kuota sebesar 5 Gigabyte. Kuota dapat diperbesar sesuai paket, dengan tarif yang sudah ditentukan oleh pihak Google Drive.

Google Drive memberikan layanan penyimpanan data hingga 1 Terabyte, dan kemudahan penyimpanan serta pengelolaan data. Google drive sangat bermanfaat bagi Anda yang serba mobile. Untuk bisa memiliki layanan ini, Anda harus memiliki Account Gmail atau Google Apps, selanjutnya Anda tinggal mengaktifkan Google Drive yang sudah terintegrasi di dalamnya. Ikuti panduannya, Anda nanti akan diminta untuk mendownload serta menginstall aplikasi Google Drive di komputer Anda. Google Drive akan membuatkan folder khusus di komputer Anda berlabel Google Drive, yang dapat Anda akses langsung dari Desktop atau dari Icon Tray.

Google Drive dapat mensinkronisasi dokumen yang terdapat di PC Anda, kedalam Google Document. Anda tidak perlu terhubung dengan internet untuk sekedar mengedit dokumen Anda, yang ada di Google Docs. Dengan kata lain, Google Drive mendukung proses offline editing. Google Drive dapat membuka sampai dengan 30 format file, karena Google Drive terhubung dengan Google Docs dan aplikasi online lainnya, sehingga dokumen apapun bisa Anda lihat. File Doc, Presentasi, Spreadsheet, bahkan Adobe Photoshop file, dan Illustrator file, serta file lainnya dapat dilihat, meskipun Anda tidak memiliki program tersebut di PC Anda.

Google Drive memiliki layanan revisi, fungsi layanan ini mengijinkan Anda melihat kembali kapan dokumen itu diubah. Dokumen bisa dipulihkan kembali, sesuai dengan isi dokumen pada tanggal yang Anda inginkan. Fungsi layanan ini juga mampu menyimpan revisi sebanyak 30 kali, Jadi jangan kuatir dokumen Anda tidak bisa diperbaiki, karena diakibatkan beberapa hal, seperti koneksi internet yang terputus atau aliran listrik yang padam. Masih banyak lagi layanan serta keunggulan yang di tawarkan oleh Google Drive. Setelah Anda mengenal Google Drive, saat ini sudah saatnya Anda memiliki media penyimpanan data yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.