Mengenal Kamera Mirrorless

0

bPerbedaan kamera pocket dan DSLR pada umumnya yang banyak dikenali masyarakat umum adalah tentang penggunaan lensa. Kalau kamera pocket jelas bahwa lensa yang bisa digunakan adalah lensa yang sudah ditanam secara permanen. Sedangkan pada DSLR pada umumnya lensanya bisa diganti-ganti (interchangeable-lens camera). Disamping itu, secara fisik kamera pocket biasanya berukuran kecil, praktis dan kamera DSLR cenderung besar dan merepotkan.

Saat ini sudah berkembang satu varian baru kamera yang disebut dengan Kamera Mirrorless. Secara fisik dan fungsi, kalau boleh dibilang kamera jenis ini adalah jalan tengah bagi yang mendambakan kualitas DSLR tapi dengan body yang praktis. Sekaligus kamera jenis ini kemudian disimpulkan oleh banyak orang sebagai solusi dari fotografer-fotografer yang mendambakan kualitas bagus dari kamera berukuran kompak dan praktis.

Secara teknis perbedaan utama antara mirrorless camera dan DSLR adalah terletak pada elemen kaca (mirror) atau pentaprisma yang tertanam di bodi. Di kamera DSLR, kaca ini fungsinya memantulkan cahaya dari lensa ke lubang intip atau viewfinder. Hal ini membuat pengguna bisa melihat image sebelum menjepret. Saat pengguna menekan shutter, mirror ini akan flip-up agar cahaya bisa langsung masuk ke sistem perekam kamera dan ditangkap oleh sensor.

Nah, mirrorless camera menghilangkan mirror atau pentaprisma itu. Penghilangan elemen ini kemudian memungkinkan sistem interchangeable-lens ditanam pada body kamera lebih kecil dibandingkan DSLR. Live Viewnya menyatu dengan layar LCD, seperti yang ada di kamera saku. Jadinya adalah sebuah kamera dengan body kecil, praktis dan tidak merepotkan tapi sanggup menghasilkan gambar sekualitas kamera DSLR Professional.

Pada kamera mirrorless, ukuran sensor juga menjadi salah satu elemen yang menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Disamping secara kualitas hasil gambarnya pasti lebih bagus dibanding kamera pocket, makin hari juga kamera ini dijual dengan yang semakin terjangkau.
(Dipersembahkan Oleh Sentra Digital)