Bijaksana Memilih Memory Card

0

b2Pada umumnya memory card yang beredar sekarang ini dibedakan berdasarkan kecepatan aksesnya. Yaitu mampu menulis berapa megabyte per detik. Semisal pada memory kelas 4, memori ini akan mampu menulis 9.9 megabyte per detik. Sedangkan memory serupa yang mengusung kecepatan kelas 10 akan jauh lebih mempunyai kecepatan tulis, sekitar 39.9 megabyte perdetik.

Pada penggunaan normal, jenis-jenis memory card yang dibedakan berdasarkan kecepatan tulis dan akses tersebut hampir tidak memberikan perbedaan apa-apa dalam hal pemakaian. Tapi pada fitur-fitur yang khusus, misalnya pada mode pemotretan continues, akan sangat berpengaruh. Juga pada penggunaan memory tersebut untuk kepentingan pengambilan video. kecepatan memory ini akan sangat terasa bedanya karena kemampuan buffer.

Untuk lebih bijaksana memilih memory card yang akan Anda pergunakan, berikut beberapa tips tepat dan aman. Jangan pernah percaya sama memory card karena merknya. Lebih baik jika Anda lebih mempertimbangkan kemudahan after sales service penjual/produsennya, karena biasanya memory card ini bergaransi panjang.

Beli memory card, liat kelasnya atau speed mbps’nya. sehabis memotret adalah segera backup isi memory card. Proses memindah file dari memory card akan lebih baik dan aman jika Anda menggunakan card reader.Penggunaan kabel data yang mencolokkan kamera langsung ke komputer beresiko mengirimkan arus tegangan balik yang tidak aman bagi kamera Anda.

Jangan pernah menjual memory card yang pernah Anda pakai dengan alasan apapun. Data yang pernah Anda simpan di memory card bisa direstore kapan saja. Hancurkan memori card yang sudah tidak Anda pakai sehancur-hancurnya. Biasakan membuat backup untuk file-file foto Anda. Punya memory card sebiji biarpun kapasitas besar sangat beresiko, lebih bagus punya 8GB 4 biji daripada 32GB satu biji. (Dipersembahkan Oleh Sentra Digital)