Aplikasi Penunjang Ibadah Ramadhan

0

aBagi Anda yang bingung menentukan akan berbuka puasa dimana setelah ngabuburit, ada aplikasi yang dapat memberikan informasi tempat-tempat makan terdekat seperti warung, depot, serta restoran.

Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim menyambutnya dengan penuh suka cita datangnya bulan ini. Ramadhan bagi umat Islam disebut sebagai bulan seribu bulan, karena didalamnya terdapat ibadah yang nilai pahalanya berlipat ganda. Menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadhan membutuhkan persiapan fisik dan mental yang prima. Kelengkapan sarana dan prasarana penunjang ibadah Ramadhan akan membuat umat muslim lebih nyaman dan khusuk dalam menjalankan ibadah. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini juga mampu membuat kegiatan ibadah yang dilakukan dalam bulan Ramadhan lebih praktis.

Hidup kita yang serba mobile tidak lepas dari pengaruh smartphone yang merupakan kebutuhan sebagian besar orang saat ini. Banyak aplikasi bermanfaat yang bisa digunakan penggunanya untuk menunjang segala aktivitas dan kebutuhannya. Menjelang bulan Ramadhan tiba, banyak pengembang aplikasi yang meluncurkan aplikasi-aplikasi yang dapat menunjang kegiatan beribadah di bulan Ramadhan semakin mudah dan praktis. Bagi umat muslim hal ini adalah sesuatu yang sangat bermanfaat ditengah rutinitas dan aktivitas mereka sehari-hari. Apalagi sebagian masyarakat kita adalah pemeluk agama Islam yang menjalankan ibadah Ramadhan.

Aplikasi-aplikasi penunjang Ibadah Ramadhan tersebut dapat dijalankan melalui sistem operasi seperti blackberry, android, IOS, windows phone, dan sebagainya. Aktivitas umat muslim di bulan Ramadhan seperti sahur, buka puasa, shalat tarawih, tadarus Al-Quran, dan kegiatan-kegiatan ibadah lainnya sangat terbantu dengan adanya aplikasi-aplikasi ini. Jadwal sholat dan waktu imsakiyah biasanya menjadi perhatian utama dalam pengelolaan waktu di bulan Ramadhan. Banyak aplikasi yang menghadirkan jadwal sholat dan imsakiyah yang bisa mengingatkan umat muslim, melakukan ibadah tepat waktu sesuai yang mereka inginkan.

Aplikasi Al-Quran digital dan terjemahnya banyak diminati oleh umat muslim yang ingin membaca Al-Quran serta memahami artinya. Ada juga aplikasi yang menghadirkan Informasi tentang masjid terdekat dari posisi Anda, sehingga Anda dapat segera melakukan ibadah shalat. Jika Anda bepergian jauh dan bingung untuk menentukan arah kiblat, Anda bisa mengunduh aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa menunjukkan arah kiblat secara akurat dari titik dimana Anda berada. Selain itu ada juga aplikasi yang menghadirkan tausiyah dari ustad-ustad ternama yang menjadi siraman rohani disela-sela melakukan aktivitas dan rutinitas di bulan Ramadhan.

Bagi ibu-ibu yang kebingungan untuk menghadirkan menu yang cocok untuk sahur dan buka puasa, ada aplikasi yang menghadirkan resep-resep menu yang cocok untuk itu. Aplikasi ini berisi resep masakan, minuman, serta kue-kue, baik takaran serta cara pembuatannya. Bagi Anda yang bingung menentukan akan berbuka puasa dimana setelah ngabuburit, ada aplikasi yang dapat memberikan informasi tempat-tempat makan terdekat seperti warung, depot, serta restoran. Biasanya kita bingung saat akan menentukan lokasi untuk berbuka puasa bersama, dengan melihat aplikasi ini kita akan mendapat informasi tempat makan yang ada disekitar kita.

Untuk Anda yang ingin memperdalam ilmu pengetahuan tentang Islam, terdapat aplikasi yang menghadirkan kisah-kisah 25 Nabi dan Rasul yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Dengan membaca informasi yang ada dalam aplikasi ini, Anda bisa belajar sifat-sifat yang terpuji dari Nabi dan Rasul. Bagi Anda yang bingung menghitung zakat harta, profesi dan usaha yang akan dikeluarkan, Anda bisa menggunakan aplikasi Kalkulator Zakat yang dapat mengkalkulasi berapa zakat yang harus Anda keluarkan. Selain aplikasi-aplikasi yang disebutkan di atas, masih banyak lagi aplikasi yang bisa Anda gunakan sebagai penunjang ibadah di bulan Ramadhan.