Hobi Dalam Industri Kreatif




Menjadikan Hobi Sebagai Profesi

1aIndustri Kreatif merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk saat ini dan masa depan, dari ke-14 subsektor industri kreatif, hampir semuanya berangkat dari hobi, sesuatu yang dulunya dianggap bukan pekerjaan serius, kini menjadikan hobi sebagai profesi adalah sesuatu yang diidam-idamkan oleh banyak orang.

Berbeda dengan karakteristik industri pada umumnya, Industri Kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri dari berbagai jenis industri, yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide atau kekayaan intelektual, menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri Kreatif didefinisikan sebagai industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengeksploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut. Di Indonesia sendiri, Industri Kreatif dibagi dalam 14 kelompok industri (subsektor) yaitu, Arsitektur, Desain, Fesyen, Film Video dan Fotografi, Kerajinan, Layanan Komputer dan Piranti Lunak, Musik, Pasar Barang Seni, Penerbitan dan Percetakan, Periklanan, Permainan Interaktif, Riset dan Pengembangan, Seni Pertujukan serta Televisi dan Radio.1b

Desain termasuk salah satu subsektor dalam Industri Kreatif, Desain merupakan kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan. Bagi Anda yang mempunyai hobi Desain, baik itu desain grafis, desain produk, desain interior dan sebagainya, merupakan awal yang baik untuk terjun dalam Industri Kreatif menjadi Creativepreneur sebagai Desainer Profesional. Seorang Desainer Grafis memang wajib menguasai software desain, tapi yang paling utama adalah daya imajinasi yang tinggi untuk membuat konsep visualisasi dari sebuah gagasan atau ide agar pesan bisa diterima tepat pada sasaran yang dituju. Oleh karena itu seorang Desainer Grafis juga harus mengerti strategi komunikasi visual dan konsep marketing, tujuannya bagaimana merancang sebuah visualisasi yang tidak hanya indah dilihat, tapi juga membawa pesan yang kuat dan langsung bisa dipahami khalayak. Perusahaan besar seperti Pertamina, BNI 46, SCTV, Bank Mandiri dan lain sebagainya, rela membayar Milliaran Rupiah, hanya untuk membuat logo perusahaan mereka.

Mengabadikan momen-momen penting dalam hidup, menjadi kebutuhan baru bagi masyarakat modern dewasa ini, seperti pernikahan, ulang tahun dan sebagainya. Hal ini juga menjadi bagian tak terpisahkan bagi Perusahaan, Lembaga dan Instansi, mulai dari peresmian kantor, contoh-contoh produk, CSR, company profile, marketing tool dan lain sebagainya, membuat fotografer dan videografer kebanjiran order. keindahan sebuah foto atau video bukan hanya pada peralatan yang canggih, tapi lebih pada sence of art yang dimiliki oleh fotografer dan videografernya. Oleh karena itu jika Anda hobi pada dunia fotografi dan videografi, kembangkanlah pada tingkatan professional, karena pasar dan keuntungannya sangat menjanjikan. Usaha periklanan mempunyai prospek yang sangat menggiurkan, belanja iklan nasional maupun regional dari tahun ke tahun sangat besar dan cenderung meningkat hingga mencapai angka puluhan trilliun rupiah setiap tahunnya. Iklan telah menjadi kebutuhan dasar pemasaran, kehadirannya tidak hanya untuk megkomunikasikan keunggulan suatu produk, memberi positioning produk diantara pesaingnya, memberi kebutuhan tertentu kepada konsumen dan berfungsi memberi citra tertentu pada pembelinya.

Mengelola sebuah agensi periklanan membutuhkan networking yang luas, untuk mendapatkan semua sumber daya yang dibutuhkan, dalam menciptakan sebuah iklan yang berkualitas. Mereka dibayar secara profesional untuk ide dan kreativitasnya, pekerja-pekerja kreatif ini, menggeluti pekerjaannya berangkat dari hobi yang mereka punya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*