Surabaya Fishing Club

0

aSFC mengutamakan persaudaraan dalam komunitasnya, hal ini juga tercermin dari slogannya Size No Matter, Keep Strike & Brotherhood Forever.

Memancing merupakan salah satu hobi yang menyenangkan, selain merupakan suatu kegemaran, kegiatan memancing menjadi media rekreasi dan relaksasi. Banyaknya penghobi kegiatan memancing, membuat mereka berhimpun dalam sebuah komunitas yang ada di berbagai daerah. Salah satunya adalah Surabaya Fishing Club (SFC) yang dibentuk sejak tanggal 2 April 2008, dan aktif hingga saat ini. Waktu pertama kali dibentuk anggotanya hanya 12 orang, saat ini SFC sudah memiliki 2.000 lebih anggota. Anggotanya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari kalangan bawah hingga atas. Meskipun menamakan komunitasnya dengan sebutan Club, tidak ada iuran khusus bagi anggota-anggotanya, keanggotaan bersifat free atau gratis.

Surabaya Fishing Club memiliki agenda pertemuan rutin setiap hari Rabu malam, di markas mereka yang ada di jalan Bratang Gede 136 Surabaya. Ketika berkumpul mereka sharing dan berbagi pengalaman seputar dunia memancing, serta membahas agenda-agenda acara yang akan dilakukan. Tak hanya sekedar memancing, komunitas ini juga sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial untuk masyarakat. SFC mengutamakan persaudaraan dalam komunitasnya, hal ini juga tercermin dari slogannya Size No Matter, Keep Strike & Brotherhood Forever. Setiap tahunnya SFC sendiri minimal mengadakan 4 kali event Fun Fishing, dengan lokasi memancing yang berbeda hingga ke daerah-daerah yang memiliki spot asyik buat memancing.

Menurut Dicky Jadi Santoso, salah satu pengurus dan anggota Surabaya Fishing Club, memancing bagi sebagian orang disebut sebagai pekerjaan orang malas, tapi sebaliknya, memancing merupakan pekerjaan orang yang tekun. Dengan memancing membuat mereka belajar dekat dengan alam, memahami filosofi hidup, mensyukuri nikmat tuhan, serta menambah teman dan menjalin persahabatan. ‘Sebenarnya memancing itu tidak harus mahal, pakai stick bambu juga bisa, semua kembali pada persepsi masing-masing orang, jadi keliru jika dibilang mancing itu identik dengan hobi yang mahal, sebenarnya nggak, itu kembali ke pribadinya masing-masing, sama halnya dengan hobi-hobi yang lain’, tegas Dicky.

Dengan berkomunitas, mereka dapat menanggung biaya memancing bersama, sehingga biayanya lebih murah jika dibandingkan melakukannya sendiri. Kedepan Dia berharap SFC bisa menjadi wadah untuk menyatukan grup-grup mancing, dan mereka yang hobi memancing agar bisa mencari dan berbagi ilmu disana, serta menjalin persaudaraan atau keakraban. Memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan informasi seputar dunia memancing, karena sebelumnya untuk mencari informasi ini sangat sulit, misal tentang spot mancingnya, sewa kapal, dan sebagainya. Jika Anda ingin mengenal lebih dekat SFC serta tertarik untuk menjadi anggotanya, Anda bisa mengunjungi Fan Page Facebooknya.

Nama : Surabaya Fishing Club (SFC)
Anggota : 2.354 Orang
Fan Page FB : Surabaya Fishing Club
Contact : 081 1312 703 (Dicky)