Surabaya Dalam Karakter Animasi

0

25-1Tak hanya film yang dibuatnya, Cak Ikin bersama pengembang game juga membuat game android dengan karakter Suro Boyo yang berjudul Suroboyo Mbois dan Soeroboio 45.

Gambar bergerak atau animasi memang sangat menarik untuk dinikmati, selain bisa digunakan untuk menghibur, animasi juga bisa menjadi media penyampai pesan yang efektif. Mereka yang mempunyai hobi membuat animasi disebut animator, di Indonesia sendiri tidak banyak yang memiliki hobi sebagai animator. Tamu kita dalam episode hobi komunitas kali ini, adalah seorang animator pembuat film animasi Suro dan Boyo. Dialah Mohammad Sholikin atau yang akrab dipanggil Cak Ikin, salah satu animator 2 dimensi yang berdomisili di Surabaya. Sejak kecil Cak Ikin sudah suka akan dunia animasi, hobi animasinya sendiri mulai serius dikembangkan sejak kuliah dan karya-karyanya sudah mulai dikenal secara nasional.

Film animasi pertamanya yang berjudul Gathot Kaca dibuat pada tahun 2005 bersama 2 orang temannya, film ini terinspirasi karena ingin menghadirkan karakter super hero lokal pada filmnya, Gathot Kaca sendiri dibuat sebanyak 4 seri. Di tahun 2007 Cak Ikin membuat film animasi Suro dan Boyo yang mengangkat ikon kota Surabaya, film ini mendapatkan apresiasi dari para pecinta serta penikmat film, dan dibuat dalam 5 seri. Sukses dengan film Suro Boyo ini, Cak Ikin membuatnya dalam versi anak-anak dengan judul Culo Boyo, pada tahun 2010. Tak hanya film yang dibuatnya, Cak Ikin bersama pengembang game juga membuat game android dengan karakter Suro Boyo yang berjudul Suroboyo Mbois dan Soeroboio 45.

Menurut Cak Ikin hobi ini sangat menyenangkan sekali, karena bisa membuat karakter yang Dia buat bisa menjadi gambar bergerak. Membuat animasi harus mempunyai ide yang fresh, hal inilah yang Dia terapkan saat membuat film Suro Boyo dan Culo Boyo, agar penonton tidak bosan dengan filmnya. Bagi Anda yang ingin belajar membuat animasi, syarat utamanya adalah harus bisa menggambar dan menguasai software-software animasi yang ada. Saat ini Cak Ikin sudah profesional dalam menekuni hobinya ini, pernah ada tawaran dari salah satu stasiun televisi lokal untuk bekerja sama membuat film animasi. ‘Belajar membuat animasi sebenarnya gampang, tapi yang susah bagaimana menjadikannya sebagai sebuah industri’, tegas cak Ikin.

Cak Ikin juga membuat beberapa merchandise, mulai kaos hingga gantungan kunci, dimana keuntungan yang Dia hasilkan bisa untuk mensupport hobinya ini. Dia sering diundang sebagai pembicara untuk mengisi workshop, serta menjadi juri animasi di berbagai lomba yang diadakan. Nama Cak Ikin sudah mulai dikenal dikalangan animator nasional, dia berharap pemerintah dan investor bisa menjadi media untuk membuat industri animasi di Indonesia semakin berkembang. Cak Ikin juga berharap, kedepan Dia bisa terus berkarya dan melihat film-film animasi bisa diproduksi oleh teman-temannya sesama animator dalam skala nasional, dengan kualitas yang bermutu dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kemajuan industri animasi di Indonesia.

Nama : Mohammad Sholikin
Email : si_ikin@yahoo.com
Facebook : Cak Ikin Gathotkacastudio
Twitter : @cak_ikin
Fan Page FB : SURO BOYO
CP : 081 332 536 117