Surabaya Beatbox Community

0

25-aBeatbox memberikan ‘perlakuan’ yang lebih lembut pada pita suara, bahkan lebih lembut daripada menyanyi.

Mungkin Anda pernah melihat seorang sedang menirukan suara alat instrumen musik, secara berkelompok atau perorangan, yang terdengar mirip sekali ditelinga. Itu merupakan suatu hobi, atau salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya, yang lazim dikenal dengan sebutan Beatbox. Mereka yang hobi beatbox atau pemain beatbox disebut sebagai beatboxer. Banyaknya beatboxer yang ada di kota-kota Indonesia membuat mereka berhimpun dalam suatu wadah komunitas di kota-kota tersebut.

Salah satunya adalah Surabaya Beatbox Community (SBC), komunitas ini dibentuk pada tanggal 7 September 2010. Saat dibentuk SBC dulu hanya beranggotakan 5 orang, tapi saat ini jumlah anggotanya menjadi 35 orang. Surabaya Beatbox Community memiliki jadwal rutin berkumpul sesama anggotanya setiap hari sabtu, jam 2 siang hingga jam 5 sore di Kebun Bibit Surabaya. Sedangkan pada hari minggu pagi, komunitas ini sering berkumpul di arena Car Free Day (CFD), Taman Bungkul, Surabaya. Saat berkumpul mereka biasanya sharing masalah atau teknik-teknik beatbox sesama anggota, serta membahas kegiatan yang akan dilakukan. Mereka sering tampil di berbagai event, juga berbagi ilmu yang mereka punya dikalangan sekolah atau kampus.

Masing-masing anggota SBC ini punya kemampuan special efek tersendiri, misalnya ada yang spesialis Deepth Throath, Drum, Perkusi dan sebagainya. Deepth Throath sendiri adalah suara dari dalam tenggorokan seperti menirukan suara robot. Bermain beatbox sebenarnya gampang-gampang susah, saat mereka ditanya kenapa suka akan hobi ini, mereka menjawab hobi ini sebagai alat musik yang murah dan bisa dan mudah dibawa kemana-mana. Menurut Arya, salah satu anggota dari komunitas ini, ada 3 suara atau beat dasar dalam seni beatbox, yaitu B, T, dan K. B itu adalah suara Kick Drum atau Bass Drum, T itu Hi Hat, sedangkan K itu Snare Drum. Yang paling susah saat belajar, biasanya ketika menirukan suara snare drum, dibanding yang lainnya.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengenal beatbox lebih dalam, serta mengundang komunitas ini untuk event Anda, Anda bisa bergabung atau menghubungi Surabaya Beatbox Community. Arya bersama SBC berharap bisa menyebarkan virus atau mengenalkan beatbox ini pada masyarakat secara luas, serta membuat prestasi yang bisa membanggakan kota dan beatboxer Surabaya. Seperti dikutip dari laman DetikHealth, salah seorang peneliti dari University of Illinois di Chicago, H. Steven Sims, mengungkapkan bahwa beatbox memberikan ‘perlakuan’ yang lebih lembut pada pita suara, bahkan lebih lembut daripada menyanyi. Apakah Anda tertarik dengan hobi yang satu ini, mulailah latihan dasarnya, dan carilah informasi lebih lengkapnya.

Nama : Surabaya Beatbox Community
Anggota : 35 Orang
CP : 0856 494 160 78 (Arya)
Twitter : @SurabayaBeatbox
Facebook : Surabaya Beatbox (Jawa Timur)
Soundcloud : Surabaya Beatbox
Youtube : Surabaya Beatbox