Surabaya Astronomy Club

0

aSecara tidak langsung belajar astronomi adalah belajar memahami bahwa sebenarnya Tuhan itu adalah Maha Besar.

Mengamati benda-benda langit seperti bulan, gugusan bintang, planet, dan sebagainya, adalah sebuah hobi yang menyenangkan, apalagi jika itu dilakukan bersama dengan orang-orang yang juga memiliki hobi sama. Surabaya Astronomi Club (SAC) adalah sebuah wadah komunitas astronom amatir penyuka benda-benda langit khususnya astronomi, yang ada di Surabaya. Komunitas ini sudah berumur 8 tahun, sejak pertama kali didirikan pada tanggal 8 september 2006. Saat ini SAC memiliki anggota grup facebook sekitar 3500 orang, dengan anggota aktif sekitar 30 orang setiap kali mengadakan kegiatan. Mereka berasal dari berbagai kalangan, dan mayoritas berasal dari kalangan anak muda yang ingin belajar seputar dunia astronomi.

Sebelum SAC dibentuk, mereka para astronom amatir yang hobi dengan dunia astronomi ini sulit untuk berkomunikasi antar penghobi. Setelah SAC dibentuk dan boomingnya media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, membuat SAC lebih dikenal masyarakat dan mereka para astronom amatir bergabung dengan SAC. Selain sharing antar sesama anggota dalam media sosial, anggota SAC hampir setiap bulan mengadakan kopdar dan event-event astronomi, seperti Supermoon, Hujan Meteor, Pengamatan Hilal, Kunjungan Ilmiah, Star Party, dan sebagainya. Surabaya Astronomi Club memiliki visi untuk memasyarakatkan astronomi sehingga dikenal luas di masyarakat, oleh karena itu mereka sering mengajak langsung masyarakat berinteraksi.

Menurut Muchammad Thoyib Achmad Salim, Sekjen SAC, hobi astronomi masih dianggap sebagai hobi yang wah atau mahal di masyarakat. Komunitas ini ingin bahwa astronomi dikenal bukan sebagai hobi yang mahal, kita bisa bikin teleskop sendiri dari barang-barang bekas, dari paralon, botol plastik, dan sebagainya. Siklus kehidupan juga dipengaruhi apa yang ada di langit, kita harus menyadari bahwa sebenarnya kita adalah mahluk yang sangat kecil. Secara tidak langsung belajar astronomi adalah belajar memahami bahwa sebenarnya Tuhan itu adalah Maha Besar. SAC juga menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengeksplor langit seluas luasnya, karena langit masih banyak menyimpan rahasianya mari kita kuak bersama’, tegas Thoyib.

NASA pernah menggelar challenge bagi astronom amatir diseluruh dunia untuk mendokumentasikan transit venus melintasi matahari, yang berlangsung dalam periode sekitar 103,5 tahun dan hanya beberapa menit saja. SAC juga berhasil mendokumentasikan kejadian itu, dan mendapatkan sertifikat khusus langsung dari NASA. Bagi Anda yang tertarik dengan dunia astronomi bisa mengunjungi websitenya dan bergabung dengan komunitas ini. Bulan ini, tepatnya tanggal 6 September 2014, SAC akan mengadakan Pameran Astrofotografi di perpustakaan BI Surabaya. Kegiatan ini dimulai jam 4 sore hingga jam 9 malam, dibuka untuk umum dan gratis, nantinya juga akan ada mini workshop, pengenalan tentang astrofotografi.

Nama : Surabaya Astronomi Club
Anggota : 3500 Orang
Sekretariat : Tambak Pring Barat Gang Masjid No. 8 Surabaya
Website : www.surabayaastronomyclub.com
Grup FB : Surabaya Astronomi Club
Contact : 0897-391-6648 (Thoyib)
Instagram : surabaya_astro