Onthel Waroeng Surabaya

0

a1Saat ini onthel koleksinya berjumlah kurang lebih 150 buah, dimana harga dari masing-masing sepeda itu mulai 300 ribu hingga 50 juta per buah.

Berawal dari hobi Arief Indrijanto akan Sepeda Onthel, akhirnya Dia menjadi kolektor dan membentuk komunitas sepeda onthel yang diberi nama Onthel Waroeng. Komunitas ini dibentuk 4 tahun yang lalu dan berada dalam naungan Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI). Saat ini anggota Onthel Waroeng berjumlah sekitar 40 orang, dari berbagai kalangan dan profesi serta usia.


a2Anggota komunitas ini memiliki jadwal pertemuan rutin dan arisan setiap hari jumat, dan di hari minggu biasanya mereka ngonthel bareng ke taman Bungkul, untuk bertemu dengan komunitas-komunitas sepeda onthel lainnya, yang berasal dari Surabaya dan Sidoarjo. Ketika berkumpul, selain menjalin tali silaturrahmi mereka biasanya sharing pengetahuan tentang sepeda onthel.

Kegemaran Arief pada sepeda onthel sebenarnya sudah terlihat saat dia masih duduk dibangku Sekolah Dasar, Sepeda onthel pertamanya adalah merk Philips, yang merupakan warisan dari kakaknya. Seiring dengan berjalannya waktu, Arief memiliki niat dan kesempatan untuk mengoleksi beberapa sepeda onthel. Saat ini onthel koleksinya berjumlah kurang lebih 150 buah, dimana harga dari masing-masing sepeda itu mulai 300 ribu hingga 50 juta per buah. Ketika sepeda-sepeda koleksinya didapatkan dalam bentuk yang tidak utuh asli, Arief ditantang untuk mengembalikan sepeda itu kebentuk aslinya dengan memadukan beberapa komponen yang ada. Dari kegemaran mengutak-atik sepeda onthel ini, akhirnya Dia membuka bengkel sendiri

a3Koleksi sepedanya ini dari berbagai merk, tapi yang Dia suka dari merk-merk yang ada yaitu merk Gazelle, Fongers, dan Simplex. Salah satu sepeda koleksi kesayangannya adalah sepeda onthel Belanda merk Burgers silang ukuran 70, selain unik sepeda ini sangat tinggi sekali, sehingga cara menaikinya seperti naik melompati kuda. Banyak kolektor yang juga berminat dengan sepeda kesayangannya ini, tetapi Arief tidak mau melepasnya. Asyiknya bergabung dengan komunitas sepeda jadul ini, selain melestarikan peninggalan sejarah, setiap anggotanya mengutamakan, kebersamaan, kesantunan serta kegotongroyongan. Setiap anggota komunitas ini biasanya memakai pakaian jaman dahulu atau seragam tentara yang unik dari berbagai negara.

Menurut Arief, seseorang belum dianggap kaya apabila belum memiliki sepeda onthel, karena dengan dengan memiliki sepeda ini selain harganya yang mahal, juga bisa melestarikan kekayaan sejarah yang dimiliki bangsa ini. Di usianya yang sudah 56 tahun, Arief berharap generasi muda juga bisa melestarikan sepeda kuno ini, karena kalau tidak berangkat dari kita sendiri untuk melestarikan, sepeda kuno bersejarah ini akan punah. ‘Marilah kita lestarikan sepeda onthel ini, apabila disetiap rumah saja ada satu sepeda, sudah berapa sepeda yang bisa kita selamatkan’, tegas Arief. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar mengenai sepeda onthel dan ingin bergabung dengan komunitas Onthel Waroeng, Anda bisa menghubungi komunitas ini.

a4Nama Komunitas : Onthel Waroeng
Jumlah Anggota : 40 Orang
Alamat : Jl. Manukan Dadi 1 Blok 15B/24 Surabaya
Contact Person : 081 230 394 336 (Arief)
Email : onthelwaroeng@yahoo.co.id