Mengedukasi Anak Dengan Dongeng

0

aMembuat anak-anak fokus dan menerima pesan-pesan edukatif, dengan durasi waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, adalah spesialisasinya.

Tak banyak yang menggeluti profesi ini, pendogeng bagi sebagian masyarakat hanya dianggap sebelah mata saja, padahal dongeng bisa menjadi media komunikasi yang efektif dalam mengedukasi. Hobi mendongeng bagi masyarakat kita, identik hanya sebatas mendongeng antara orang tua dan anaknya saja. Sama seperti profesi lainnya yang awalnya berangkat dari hobi, menjadi seorang pendongeng profesional adalah sebuah pekerjaan mulia dan menyenangkan bagi para pelakunya. Hal inilah yang di ungkapkan Kartikanita Widyasari, atau yang akrab dipanggil dengan Kak Nitnit, salah satu pendongeng yang juga merupakan Hypnotic Story Teller serta Praktisi Pendidikan dan Hipnoterapi Anak dari Media Sugesti.

Profesi serta hobi yang ditekuninya ini berawal dari kesukaan dan kesenangannya berkumpul dengan anak-anak. Sejak duduk dibangku SMP, banyak teman serta koleganya yang melihat bahwa Nita selalu menjadi magnet yang menarik untuk anak-anak. Seiring perjalanannya, Dia mulai mendongeng untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak. Sejak tahun 2009, Nita mulai mencoba untuk menjadi pendongeng yang profesional. Meskipun awalnya keluarga, teman, serta tetangganya, meragukan prospek pekerjaannya ini sebagai pendongeng, akhirnya Nita bisa meyakinkan mereka, bahwa pekerjaannya ini adalah profesi yang menyenangkan, karena selain sebagai pekerjaan yang mulia, menjadi pendongeng profesional itu juga menghasilkan uang.

Selain sering diundang dalam acara-acara khusus, Nita juga mengisi beberapa program anak yang ada di stasiun Televisi Lokal dan Radio. Dia pun sering diundang ke berbagai kota-kota yang ada di Indonesia, untuk menghibur dan mengedukasi anak-anak negeri ini. Membuat anak fokus dan menerima pesan-pesan edukatif, dengan durasi waktu yang sudah ditentukan sebelumnya, adalah spesialisasinya. Saat tampil mendongeng, Nita selalu ditemani boneka-boneka sebagai media bertutur. Boneka-boneka itu ditampilkan dalam karakter-karakter yang lucu, nakal, pintar, serta kreatif. Banyak perusahaan, organisasi, serta instansi yang mengajaknya untuk bekerjasama, untuk kegiatan kampanye, sosialisai, pembelajaran, dan sebagainya.

Sarjana Psikologi ini kedepan berharap bisa memiliki toko buku dan boneka, yang menjual boneka-boneka hasil produksinya. Anak-anak dan orang tua bisa berkunjung dan membelinya, serta belajar dan bermain dengan dirinya. ‘Doakan, semoga impianku menulis buku cerita yang bisa mengedukasi anak-anak untuk giat belajar segera terwujud’, tegasnya. Nita mengungkapkan bagi Anda yang ingin belajar mendongeng, yang harus dilakukan harus mempunyai minat terlebih dahulu. Untuk langkah awal, kita bisa mendongeng untuk anak-anak kita sendiri. Kita harus meluangkan waktu minimal 10 menit saja untuk mereka. Bisa menggunakan buku cerita atau cerita sendiri, serta media pendukung lainnya seperti boneka dan sebagainya.

Nama : Kartikanita Widyasari, S.Psi
Hobi : Mendongeng
Facebook : Kak Nitnit
CP : 0817 9344 356