Komunitas Papercraft Surabaya

0

a2Belajar dan membuat papercraft sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi saat ini banyak software-software yang bisa memudahkan dalam pembuatannya.

Papercraft merupakan pengembangan dari origami, seni melipat kertas yang berasal dari negeri Sakura. Origami adalah seni melipat kertas dengan menggunakan 1 lembar kertas, sedangkan papercraft adalah seni merakit kertas dengan memakai beberapa lembar kertas, menggunakan teknik tertentu, seperti menggunting, melipat, mengelem, membentuk, serta mewarnai kertas. Banyaknya penyuka hobi ini, membuat mereka berhimpun dalam sebuah wadah komunitas papercraft seperti halnya Peri Surabaya, yang merupakan salah satu komunitas papercraft di Surabaya. Peri Surabaya dibentuk pada tanggal 26 Juni 2012, dengan jumlah anggota 20 orang, dari berbagai usia dan profesi.

Komunitas ini mempunyai pertemuan rutin setiap bulan sekali, saat berkumpul biasanya mereka sharing pengetahuan mengenai papercraft dan membahas event-event yang akan mereka lakukan. Selain berasal dari Surabaya, anggota mereka juga berasal dari kota disekitarnya, seperti Greasik, Sidoarjo, dan Mojokerto. Belajar dan membuat papercraft sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi saat ini banyak software-software yang bisa memudahkan dalam pembuatannya. Banyak ragam karakter yang bisa dibuat dengan seni papercraft ini, mulai karakter animasi dan robot seperti Iron Man, Gundam, Naruto, dan sebagainya, hingga karakter-karakter lokal seperti Hanoman dan Gatot Kaca.

a1Menurut Ivan Noviq Sahari, salah satu anggota dan pengurus Peri Surabaya, komunitasnya pernah membuat papercraft dengan ukuran skala terkecil 1 Cm dan 2 Meter untuk ukuran terbesarnya. Papercraft merupakan hobi yang juga bisa menghubungkan pada penghobi dan komunitas lainnya, karena di komunitas ini juga ada Cosplay, Anime, serta Pelukis. Membuat papercraft dapat melatih keterampilan dan kesabaran, papercraft tidak bisa dibuat terburu buru, karena akan menghasilkan karya yang kurang bagus atau tidak maksimal. Waktu lama dalam pembuatan dan pengerjaan papercraft adalah wajar, karena dibutuhkan konsentrasi dan akurasi yang tepat agar bisa menghasilkan karya yang bagus.

Anggota Peri Surabaya juga sering terlibat dalam event-event tentang papercraft yang ada di dalam dan luar kota, terkadang mereka juga diminta menjadi juri untuk beberapa lomba papercrat yang sering diadakan di mall. Bagi pemula dan Anda yang ingin belajar dan bergabung dalam komunitas ini, Anda bisa bergabung dengan grup Facebook Peri Surabaya. Sebagai pemula nantinya Anda bisa membuat papercraft dari tingkat kesulitan yang paling gampang. ‘Bagi Anda yang belum kenal papercraft, ini sebenarnya adalah hobi baru yang asyik, murah, bisa meningkatkan kreativitas dan kesabaran. Anda yang ingin belajar dan membuat papercraft, silahkan bergabung dengan komunitas Peri Surabaya’, tegas Ivan.