Komunitas Burung Hantu Surabaya

0

a1Tak hanya didominasi oleh kaum adam, anggota komunitas ini juga terdapat beberapa yang merupakan kaum hawa.

Mungkin Anda pernah melihat Limbad, salah seorang pesulap Indonesia yang beraliran Fakir Magic dengan burung hantu yang selalu menjadi teman setianya. Ternyata di Surabaya juga banyak yang memelihara burung hantu sebagai teman setianya. Mereka tergabung dalam Komunitas Burung Hantu Surabaya atau Kabhasura. Komunitas ini dibentuk pada 3 Agustus 2013, saat pertama kali dibentuk beranggotakan 10 orang, tapi saat ini anggotanya sudah mencapai 30 orang. Anggota Kabhasura berasal dari berbagai profesi dan umur, mereka biasanya memiliki agenda rutin berkumpul di Taman Apsari Surabaya setiap malam minggu. Jika Anda berkunjung ke taman ini, Anda akan bertemu langsung dengan mereka.

Menurut Rendy, wakil ketua Kabhasura, komunitas ini memiliki visi untuk menyatukan Falconer burng hantu di Surabaya yang jumlahnya tidak sedikit. Melestarikan burung hantu agar tidak punah, serta menghilangkan mitos, bahwa dimana ada burung hantu disitu akan ada orang meninggal, komunitas ini akan menghilangkan persepsi itu, burung hantu sebenarnya bisa jadi teman kita, seperti halnya anjing. Ketika anggota-anggota Kabhasura ini berkumpul, biasanya mereka sharing seputar hal mengenai burung hantu, dan agenda-agenda kegiatan yang akan mereka lakukan. Struktur organisasi dari komunitas ini cukup lengkap, mulai humas hingga dokter hewan yang khusus menangani burung hantu juga ada.

Saat ditanya kenapa mereka tertarik untuk hobi memelihara burung hantu ini sebagai teman, rata-rata anggota Kabhasura menyatakan, bahwa burung hantu itu sebenarnya unik, imut, lucu, dan kalau dilatih secara serius bisa nurut dan setia pada pemiliknya. ‘Memelihara burung yang identik dengan hewan malam ini sebenarnya susah-susah gampang, pokoknya telaten saja, sabar, sering diajak komunikasi, kayak anjing, kita anggap bukan peliharaan, tapi sebagai partner atau anak sendiri’, tegas Heydar, salah satu anggota Kabhasura. Tak hanya didominasi oleh kaum adam, anggota komunitas ini juga terdapat beberapa yang merupakan kaum hawa. Jenis burung hantu yang mereka punya juga beraneka ragam mulai yang kecil, sedang, hingga besar.

a2Jika Anda tertarik untuk mengenal Kabhasura lebih dekat, Anda bisa mampir ke Facebook, Twitter, serta Blog Kabhasura. Kabhasura sendiri tidak mudah untuk menerima anggota baru, setiap anggota yang mau bergabung haruslah paham betul visi komunitas ini, karena mereka tidak sekedar memelihara burung hantu saja. Kedepan Kabhasura berharap bisa menangkarkan serta mengembang biakkan burung hantu, karena hewan ini juga bisa menjaga keseimbangan ekositem alam. Kabhasura juga sering mengundang atau diundang komunitas burung hantu lainnya, dari sini mereka bisa sharing masalah yang mereka alami, serta berbagi pengalaman yang tidak mereka dapat dari komunitasnya, dan berharap dapat mengadakan pertemuan nasional.

Nama : Kabhasura
Anggota : 30 Orang
CP : 0856 4523 3325 (Rendy)
Facebook : Kabhasura
Blog : kabhasurasby.blogspot.com