Kolaborasi Dua Pecinta Wayang

0

Kolaborasi Dua Pecinta Wayang

Adhi dan Bonnie berharap bisa membawa lokal konten dalam bisnisnya untuk go internasional, dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia.

Menjadikan hobi sebagai profesi dalam industri kreatif memang sangat menyenangkan, apalagi jika bisnis yang dijalan memberikan banyak manfaat untuk masyarakat, dan membuka peluang kerja bagi pekerja-pekerja kreatif lainnya. Kolaborasi dua bersahabat pecinta wayang, Adhicipta R. Wirawan dan Bonnie Soeherman, yang merupakan kreator The Adventure Of Wanara (TAOW), membuat industri kreatif dan dunia animasi di Indonesia bergairah. Di bawah bendera Mechanimotion Entertainment (PT. Mekanima Inspira Nagara) yang bermarkas di Surabaya, saat ini produk-produk turunan TAOW yang berupa novel, komik, game, dan animasi, sudah mulai menjajaki pasar nasional dan internasional.

Mechanimotion Entertainment merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Transmedia Storytelling, karya cipta kreatif yang berupa novel, komik, game, dan animasi. Mechanimotion Entertainment dan TAOW berawal dari sebuah kompetisi Indigo Fellowship, yang merupakan inisiatif Telkom Group dalam mendorong tumbuhnya industri kreatif, khususnya di bidang digital content melalui wadah Indigo (Indonesian Digital Community). Setelah mengikuti dan memenangkan kompetisi ini lewat TAOW, Adhi dan Bonnie mendapatkan pendanaan Indigo Ventura untuk mengembangkan idenya dalam bentuk novel, komik, game, dan serial animasi.

The Adventures of Wanara bercerita mengenai seorang bocah dari keturunan monyet atau wanara bernama Naradja, yang syarat akan nilai-nilai dan pesan moral. Plotnya adalah seribu tahun setelah era Ramayana, di mana teknologi sudah begitu canggih. Menurut Adhi, ini merupakan model bisnis pertama industri kreatif yang menggarap langsung secara bersamaan, novel, komik, game, dan serial animasi. Kedepan rencananya kisah mereka ini akan dibukukan, agar semua orang bisa belajar dari kesalahan mereka, sehingga dunia animasi dan industri kreatif lebih maju. Surabaya memiliki potensi pelaku industri kreatif luar biasa, yang saat ini diakui secara nasional maupun dunia internasional.

Sebelum berbisnis kita harus mempunyai impian dan target yang akan dicapai untuk jangka panjang, ketika berbisnis kita harus membangun networking dan menjaga profesionalisme. ‘Mimpi yang baik adalah mimpi yang sesuai dengan bakat kita, jangan pernah ragu untuk mewujudkan impian, karena impian itu yang akan membuat kita berarti di dunia ini’ tegas Bonnie. Adhi dan Bonnie berharap bisa membawa lokal konten dalam bisnisnya untuk go internasional, dan mempromosikan destinasi wisata yang ada di Indonesia. Mereka sama-sama mempunyai latar belakang pendidikan akuntansi, tapi dengan hobinya yang juga sama-sama suka menggambar dan kecintaannya terhadap wayang, bisa membuat harum nama Surabaya lewat TAOW.