Hipmi, Inkubator Bisnis Pengusaha Muda Surabaya




a1Menumbuhkan jiwa entrepreneurship dan kewirausahaan bagi pemuda memang tidaklah mudah. Setiap tahun mereka yang lulus dari perguruan tinggi, sangat sedikit sekali yang mampu mencari lapangan pekerjaan, selebihnya menjadi pengangguran. Hal ini menjadi masalah bersama yang harus di tangani oleh semua pihak. Oleh karena itu kita harus berpikir bagaimana mengatasi kesenjangan, antara lapangan pekerjaan yang ada dengan lulusan-lulusan siap kerja dari sekolah dan perguruan tinggi. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut, mengajak mereka untuk mandiri dalam berwira usaha, serta membuka lapangan pekerjaan baru.
Jumlah pengusaha muda di Indonesia harus bertambah agar dapat mengimbangi jumlah angkatan kerja baru, yang setiap tahunnya juga bertambah. Sebagai profesional muda, pengusaha-pengusaha muda ini natinya diharapkan dapat membangun serta menumbuhkan usahanya. Menjadi pengusaha muda pastinya selalu dimulai dengan usaha belajar, dalam berkecimpung di dunia bisnis. Seorang entrepreneur sejatipun tidak akan pernah berhenti belajar untuk memajukan bisnisnya, karena itu banyak yang harus diperhatikan dalam membangun dan menumbuhkan usaha yang sedang dijalankan, mulai dari pemilihan usaha sampai pada networking, haruslah dipahami dengan benar.

Banyak organisasi atau lembaga yang perduli dengan keberadaan pengusaha-pengusaha muda ini, salah satunya adalah Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Surabaya. Hipmi merupakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi kalangan muda, karena masih sedikit kaum muda yang bercita-cita untuk menjadi pengusaha. Hipmi juga mempunyai visi menjadikan Usaha Kecil Menengah sebagai pilar utama dan lokomotif pembangunan ekonomi nasional. Hipmi Surabaya lebih fokus pada UKM, yang merupakan sarana bagi pengusaha-pengusaha muda Surabaya untuk mengembangkan usahanya.

Menurut Rizky Triamaldi, sekertaris umum Himpi Surabaya, keluar Hipmi Surabaya mencari kalangan muda untuk menjadi pengusaha-pengusaha yang siap terjun dalam dunia usaha, sedangkan kedalam memelihara anggota-anggotanya, agar usahanya semakin tumbuh dan berkembang. Intinya Hipmi Surabaya sebagai inkubator bisnis bagi pengusaha-pengusaha di Surabaya, baik bagi mereka yang baru akan memulai usahanya, serta mereka pengusaha-pengusaha muda yang ingin mengembangkan usahanya. Mereka umumnya bergerak di sektor UKM dan industri lainnya, seperti industri kreatif yang menopang industri lainnya.

Dengan bergabung dalam Hipmi Surabaya, pengusaha muda akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Mereka akan mendapatkan mentoring dan networking, jadi bagi pengusaha muda yang baru pertama kali bergabung dia akan mendapatkan mentoring, bagaimana cara mengelola bisnis dan bagaimana cara mengembangkan usahanya. Mereka juga akan mendapatkan networking, karena tanpa adanya networking pengusaha akan sulit untuk mengembangkan bisnisnya. Anda calon pengusaha atau pengusaha bisa mendaftar dan bergabung dengan Hipmi Surabaya, keanggotaannya dibatasi dengan batasan umur 19-40 tahun.

Hipmi Surabaya juga membuat link dengan kalangan akademisi, seperti perguruan tinggi dan sekolah, agar mereka nantinya mau menjadi pengusaha. Mereka akan diarahkan, kreativitas yang mereka punya akan disupport untuk menjadi seorang pengusaha. Pengusaha muda harus memiliki peran terdepan dalam mengembangkan kewirausahaan di kalangan generasi muda, agar menjadi pengusaha yang beretika dan mampu bersaing di pasar nasional dan global.dalam dinamika ekonomi yang berjalan dan berubah sangat cepat pengusaha muda juga dituntut untuk melakukan ekspansi dan menumbuhkan usaha baru sesuai dengan perkembangan pasar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*