WISATA MANDI UNIK ala JEPANG

0
A bath mixture incorporating curry spices is seen while people take hot bath in Hakone west of Tokyo July 21, 2006. REUTERS/Yuriko Nakao/files

Jepang memang benar-benar kreatif dan inovatif. Banyak obyek wisata disana yang sensasional dan mengundang rasa penasaran wisatawan asing dan domestik. Salah satunya adalah spa atau mandi di dalam kolam berisi minuman sehat, pasir, dan kari.

Kira-kira bagaimana rasanya berendam dalam kolam-kolam unik itu ya? Dan apa khasiatnya untuk tubuh?

 

SPA Dalam Teh Hijau

Sebuah teko raksasa berdiri diatas kolam berwarna hijau muda. Dari posisinya yang miring, membuat para wisatawan yang sedang berkumpul di dalam kolam berebut menyentuh teh hijau yang keluar dari dalam teko tersebut. Teh hijau sendiri adalah minuman sehat mengandung antioksidan yang disebut katekin yang bisa melindungi sel-sel dan menjaga kulit tampak lebih awet muda.

Mandi teh hijau sendiri berkhasiat untuk proses detoksinasi. Teh yang dipakai adalah daun teh yang dipetik dari kaki gunung Tanzawa dan Hakone. Teh hijau di daerah ini memang kaya akan aroma dan mengandung catechin. Zat anti oksidan-nya juga sangat bagus untuk memerangi tumor dan meningkatkan system kekebalan tubuh. Untuk memanjakan wisatawan, spa teh hijau ini dibiarkan hangat.

Mandi Sake

Mandi dengan sake adalah tren bagi orang Jepang yang ingin menikmati suasana tradisional dan oriental. Sake diyakini dapat menghangatkan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, dan meremajakan kulit serta mengurangi flek-flek hitam. Japanese Sake Spa ini merupakan kolam yang wajib didatangi saat berkunjung ke Jepang.

SPA Dalam Kopi

Jika mandi dalam kolam ini, sekilas seperti mandi dalam kolam air kotor karena warna kopinya yang keruh. Kopi di Yunessun Jepang ini diseduh dengan air dari sumber air panas alam di Hakone dan dituangkan secara berkala sepanjang hari. Kafein dalam kulit berkhasiat untuk mengurangi penampilan bengkak kulit dan selulit.

Berendam di dalam air kopi hangat dapat mengurangi kelelahan dan menutrisi kulit. Aroma kopi yang wangi juga dapat menenangkan perasaan dan meringankan perasaan depresi.

SPA Dalam Anggur Merah

Spa anggur merah adalah jenis spa paling eksklusif sekaligus ekstrim. Biasanya wisatawan yang datang berendam adalah mereka yang sudah dewasa dan lanjut usia. Anak-anak tidak diperkenankan masuk.

Anggur merah banyak mengandung resveratol atau antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan, sehingga bisa meremajakan kulit.

Mandi Pasir

Di Pulau Kyushu, Jepang terdapat sebuah kebiasaan mandi dengan menggunakan pasir. Penduduk lokal percaya bahwa mandi berendam dengan pasir dapat membersihkan racun dari tubuh dan menyejukkan jiwa seseorang.

Mandi Kari

Memang terdengar aneh, namun mandi kari dipercaya dapat meningkatklan sirkulasi darah dan melindungi kulit dari kuman.