Uji Adrenalin dan Kekompakan dengan Rafting

0

Salah satu cara untuk mengisi liburan agar semakin seru adalah dengan mencoba tantangan olah raga air yang satu ini yaitu Rafting atau arung jeram yang dikelola oleh operator Wisata Adventure Regulo Arus Liar. Lokasi base camp rafting terletak di DAM 8, Desa Brabe, Kecamatan Maron, Probolinggo, Jawa Timur. Akses menuju base camp pun cukup mudah, karena bisa diakses dengan semua jenis kendaraan. Setelah dari basecamp dilanjutkan dengan menyusuri sungai Pekalen bawah sepanjang 13,5 Km yang memakan waktu selama kurang lebih 3 jam.

Rafting-01
Rafting atau Arung Jeram merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dinikmati baik bersama teman-teman, relasi maupun keluarga. Karena wisata adventure ini memberikan sensasi tersendiri yang tak dijumpai di wisata-wisata lainnya. Selain itu, rafting juga bisa menjadi sarana melepas kejenuhan dan stress, membentuk kerjasama tim, pemecah kebekuan (Ice breaking), melatih mental keberanian dan daya juang, Mempererat ikatan keluargaan/relasi, melatih ketepatan pengambilan keputusan dalam waktu cepat, dan latihan fisik/olah raga.
Wisata ini bisa diikuti siapapun, mulai dari anak-anak usia 5 tahun sampai orang tua bahkan mereka yang tak bisa berenang pun bisa ikut menikmatinya. Meskipun wisata ini terbilang penuh dengan tantangan, namun peserta tak perlu khawatir sebab keamanan dan keselamatan terjamin. Menurut Abdullah, Manager Operasional Regulo Arus Liar bahwa keselamatan dan keamanan adalah prioritas utamanya, jadi tamu kalau sudah mencapai finish dengan selamat pasti nyaman. Ia menambahkan asal mengikuti prosedur dan arahan guide, selama pengarungan peserta bisa menikmati pemandangan alam dan arus yang ada.
Sebelum pengarungan dimulai, peserta bisa beristirahat sejenak di base camp Regulo Arus Liar sambil berganti pakaian dan memakai perlengkapan khusus untuk rafting seperti helm dan jaket pelampung. Setelah itu, peserta akan diberi pengarahan oleh guide seputar aturan dan tata cara berarung jeram. Setelah semuanya siap, dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke lokasi start dan sejak dari sinilah petualangan sungai dimulai. Dimana sebanyak 37 jeram dengan beragam tingkat kesulitannya siap menguji adrenalin peserta dan siap untuk ditaklukkan seperti jeram Selamat Datang, jeram GHL (gigi hilang), jeram Marlboro, jeram Lumba-lumba, jeram Patahan, Jeram Dayung, Jeram Good Bye dan jeram-jeram yang lainnya. Pada saat melintasi jeram dapat dipastikan kita akan berteriak keras, seolah-olah terlepas dari semua masalah sehingga merasa excited dan stress yang membebani pikiran akan hilang.
Selama mengarungi sungai Pekalen bawah, selain harus bergulat dengan liarnya arus sungai, mata kita juga dimanjakan dengan pemandangan alam yang eksotik dan udara yang sejuk sehingga menambah kenikmatan tersendiri. Untuk melepas lelah, di tengah pengarungan peserta diajak beristirahat sejenak sambil menikmati kue dan segarnya kelapa muda. Selain itu, disinilah tantangan besar kembali ditawarkan untuk menguji adrenalin, namanya exotic jump. Bagi mereka yang bernyali besar bisa mencoba terjun dari jembatan dengan ketinggian kurang lebih 8 meter. “Wouw, benar-benar jantung rasanya mau copot tapi bikin ketagihan”, tutur Yudha dan Andre sesaat setelah mereka terjun, mereka merasa tertantang untuk terjun meskipun tak bisa berenang.
Tidak hanya di situ, menjelang finish sebuah atraksi yang cukup menegangkan kembali ditawarkan. Dimana peserta berdiri di atas perahu sambil saling berpegangan tangan satu dengan yang lain dan guide akan memutar perahu dari pelan sampai kencang. “Sebuah pengalaman yang sungguh luar biasa, bagus buat uji nyali dan uji kekompakan team serta bisa merefresh pikiran. Pokoknya gak bosan dech untuk rafting”, ucap Makmun salah satu peserta rafting.
Selain itu, Regulo Arus Liar juga memiliki paket yang bernama Moon Light Rafting (Rafting pada malam hari). Menurut Abdullah, paket ini khusus bagi mereka yang sudah pernah melakukan pengarungan di siang hari, karena tantangannya lebih besar dibanding rafting pada siang hari. Moon Light Rafting dilakukan pada tanggal 14 dan 15, pada saat bulan purnama.