Teknologi Sandwich Panel Kuasai Desain Food Truck

0

Mobil truck biasanya dipakai untuk mengangkut barang berat atau memudahkan dalam mengangkut barang dalam jumlah banyak. Namun kini, trend tersebut mulai bergeser, karena kendaraan berbodi besar itu kini banyak diminati pelaku usaha.

 

Tidak ada lagi kesan sangar, yang ada justru kesan indah dipandang mata. Memang, maraknya food truck alias bisnis kuliner diatas truck memberi keuntungan tersendiri bagi pengusaha truk. Mereka berlomba memodifikasi truk-nya agar bisa dipakai berjualan. Namun tidak semua truk bisa dimodifikasi. Karoseri yang biasa memodifikasi food truck juga tidak sembarangan. Biasanya adalah karoseri spesialis pembuat bus dan rangka mobil boks.

 

Beberapa interior yang biasa dibutuhkan dalam memodifikasi food truck adalah generator berkapasitas hingga 5.000 watt, tempat penampung air bersih dan kotor (keduanya masing-masing 200 liter), exhaust fan, dan alat masak di dalamnya. Penampung air bersih dipasang di atas kepala kabin truk dengan tujuan untuk memanfaatkan gravitasi agar air mengalir tanpa pompa.

 

Ukuran truk yang bisa dimodifikasi adalah yang memiliki tinggi 2 meter, panjang 3,1 sampai 4 meter (long chassis), dan lebar luar 1,75 meter, serta lebar dalam 1,6 meter. Modifikasi ini menggunakan truk dengan empat roda.

 

Tidak hanya itu, truk yang dipilih adalah yang bisa masuk ke kota. Karena selama ini, ada regulasi ketat dari dinas perhubungan tentang ukuran truk yang bisa masuk ke kota.

Lamanya pengerjaan disesuaikan dengan bahan yang digunakan. Jika menggunakan bahan dasar metal, bisa sampai 3 bulan. Namun jika menggunakan teknologi dari Jerman bernama sandwich panel, waktu pengerjaannya sekitar 8 minggu. Material sandwich panel hanya bisa disambung di tiap-tiap sudutnya, dan tidak bisa lentur seperti yang bisa dilakukan dengan bahan metal. (berbagai sumber-noe)