Semangat Yang Menginspirasi Dunia

0

‘Momen itu membebaskan saya untuk memasuki periode paling kreatif dalam kehidupan saya’,-Steve Jobs

people profile steve jobsDalam episode people profile kali ini, kami akan menghadirkan semangat Steve Jobs, pendiri Apple Inc, yang menginspirasi dunia. Abdul Lateef Jandali atau yang lebih kita kenal dengan Steve Jobs, lahir tanggal 24 Februari 1955 di San Francisco, California, USA. Semasa kecil, Steve Jobs tidak menunjukkan hal yang luar biasa, sama seperti kebanyakan anak kecil lainnya. Saat menjadi mahasiswa Steve mulai berpikir kritis dan kreatif, ketika itu Dia bertanya pada dirinya sendiri, apakah kuliahnya itu akan memberi jawaban akan menjadi apa Dia kelak. Setelah 6 bulan kuliah Steve memutuskan untuk DO, tapi tetap mengikuti perkuliahan yang Dia suka, keputusan besarnya ini sangat mempengaruhi pemikiran dan pengembangan karir serta masa depannya.

 

Pada tahun 1974 Steve mulai bekerja sebagai teknisi di perusahaan yang mendesain circuit board, Atari. Dari sinilah kepiawaiannya tentang komputer semakin terasah, Steve memutuskan bahwa dunia yang dicari telah ditemukannya, yaitu dunia komputer. Di tahun 1976 Steve mengajak temannya mendirikan perusahaan IT, dengan logo apel putih yang tergigit. Perusahaan itu adalah Apple, yang saat ini sangat dikenal masyarakat sebagai brand ternama di dunia. Dengan visi Ingin Merubah Dunia, Steve memulai petualangannya. Sepuluh tahun Dia bekerja keras membangun Apple hingga tumbuh menjadi perusahaan besar. Pada tahun 1986 Apple meluncurkan produk komputer pertamanya, yaitu Macintosh yang menjadi andalan Apple.

 

Saat itu ditingkat direksi terjadi perbedaan visi yang akhirnya memutuskan Steve harus diberhentikan atau dipecat, dari perusahaan yang dilahirkan dan dibesarkannya. Suatu hal dan penghianatan yang sangat menyakitkan. Bagi dewan direksi, keputusan ini adalah yang terbaik bagi Apple, karena menurut mereka Steve terlalu keras kepala. Walau dipecat, Steve tak lantas diam saja menerima takdir, Dia kemudian mendirikan Next yang merupakan perusahaan komputer seperti Apple. Disini ide-ide serta kreativitasnya dituangkan dan direalisasikan, dimana ide-ide itu seharusnya direalisasikan bersama Apple. Produk yang dihasilkan oleh Steve bersama Next waktu itu mempengaruhi Apple untuk kembali menarik Steve dan menjadikannya sebagai CEO.

 

Selain Next, Steve juga mengakuisisi Pixar yang hampir bangkrut, yaitu perusahaan animasi dengan komputer sebagai basicnya. Ketika Steve kembali ke Apple tahun 1997, Dia langsung membuat dobrakan besar dengan meluncurkan produk fenomenal yang membuat Apple berjaya di pasar saham, yaitu iPod, iMac, iPhone, iPad dan iCloud. Steve adalah tipe orang yang keras kepala, pantang menyerah dan sangat idealis, Dia selalu menciptakan produk yang sesuai dengan visinya, yaitu merubah dunia. Itulah yang membuat Apple selalu berjaya dan mengeruk keuntungan yang besar. Momen saat dipecat adalah pengalaman yang sangat berharga bagi dirinya. ‘Momen itu membebaskan saya untuk memasuki periode paling kreatif dalam kehidupan saya’ kata Steve.