Pesona Piramid Piramid Dunia

0
Dalam dunia arsitektur sendiri, piramid Chichen Itza ini dikatakan memiliki kemiripan dengan candi-candi yang ada di Indonesia.

piramid duniaPiramid atau Piramida merupakan bangunan besar yang di dalamnya berisi begitu banyak ilmu pengetahuan yang sangat luar biasa. Tidak heran jika kemudian piramid dikatakan sebagai simbol telah majunya peradaban manusia di zaman pembuatannya. Piramid itu kebanyakan dibuat oleh manusia, yang bahkan telah ada pada zaman prasejarah. Hal itu menjadi pemicu munculnya teori bahwa pada zaman dahulu, manusia pernah didatangi oleh sebangsa Alien, yang banyak mengajarkan tentang teknologi canggih kepada manusia. Banyak piramid yang begitu mengagumkan, beberapa diantaranya yaitu Piramid Mesir, Piramid Chichen Itza, dan Piramid Louvre.

Piramid mesir adalah salah satu piramid yang paling terkenal di dunia, piramid-piramid ini menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Bangunan yang sangat misterius ini sejak zaman dahulu hingga sekarang masih mengundang pertanyaan mengenai siapa pembuatnya. Tentulah pembuatnya memiliki kecerdasan yang sangat tinggi, karena piramida-piramida yang mereka bangun bentuknya sangat unik dan pembuatannya begitu akurat. Hingga sekarang belum diketahui secara pasti fungsi sesungguhnya dari piramid untuk bangsa Mesir saat itu. Para sejarawan selama ini menduga bahwa piramid merupakan makam raja-raja atau Firaun terdahulu.

Terdapat bermacam piramid di Mesir dengan berbagai ukuran yang berbeda. Dalam pembuatannya, piramid-piramid ini tidak hanya dibuat dengan menyusun jutaan batu untuk menjadi bentuk kerucut. Piramid juga dibuat dengan konstruksinya yang khusus, jika sebagian saja rusak, maka membuat seluruh bangunanya ambruk karena beban berat yang di topang. Keakuratan dalam pembuatan piramid itu diakui hingga kini oleh para ilmuwan. Telah banyak waktu, harta, dan tenaga yang dikeluarkan untuk pembangunannya. Diperkirakan, pembangunan piramid-piramid ini memerlukan waktu puluhan tahun dengan ribuan orang yang bekerja.

Chichen Itza merupakan Situs dari Peradaban Maya di Meksiko yang dibuat pada abad 800 SM. Piramid Kukulcan yang ada di tempat ini diperkirakan merupakan pusat kegiatan ekonomi dan politik dari peradaban bangsa Maya yang berada di Semenanjung Yucatan. Dalam beberapa sumber literatur, budaya suku Maya Chilam Balam, piramid ini dibuat sekitar tahun 502 hingga 522 Masehi. Namun, hanya ditempati selama 200 tahun oleh Suku Maya, sebelum akhirnya mereka pindah ke daerah pantai di Campeche. Chichen Itza juga menjadi titik sentral bagi beberapa kompleks bangunan besar lainnya, seperti Candi Chac Mool dan bangunan Seribu Tiang.

Piramid Chichen Itza memiliki dua sumur alami, konon sumur ini menjadi tempat diletakkannya korban persembahan, untuk dimasukkan kedalam sumur. Sumur ini memiliki peran yang sangat penting, karena ketika terjadi kekeringan, sumur itu menjadi satu-satunya sumber air yang ada dan bisa dimanfaatkan. Dalam dunia arsitektur sendiri, piramid Chichen Itza ini dikatakan memiliki kemiripan dengan candi-candi yang ada di Indonesia. Menurut buku karangan Prof Gualberto Zapata Alonzo yang berjudul ‘An Overview Of The Mayan World’, disebutkan bahwa seni dan kesadaran beragama suku Maya memiliki kemiripan dengan Indochina dan Indonesia.

Louvre adalah piramid modern yang mencengangkan dunia, jika Anda pernah membaca buku Da Vinci Code, Anda akan menemukan piramid ini sebagai salah satu latar cerita, bahkan pemecahan misteri yang berkaitan dengan piramid ini. Piramid Louvre berada di taman Museum Louvre, Paris, merupakan sebuah piramid yang terbuat dari kaca dan besi besar, serta dikelilingi oleh tiga piramida kecil, serta menjadi kebanggaan Kota Paris selain Menara Eifel. Keseluruhan bangunannya terbuat dari kaca, dengan tinggi sekitar 20 meter, serta bagian dasarnya memiliki panjang sisi 35 meter. Bangunan ini terdiri dari 603 kaca belah ketupat, serta 70 kaca segitiga.