Pentingnya Slogan Bagi Perusahaan

0

aSlogan merefleksikan kepribadian dari produk yang diwakilinya, apakah kualitas produk tersebut, sifat-sifat, atribut fisik, serta hal-hal lain yang mencerminkan pribadi sebuah produk.

Slogan merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah brand, karena bisa memudahkan calon pelanggan untuk mengingat brand dari sebuah produk. Slogan bukanlah sebuah merek, tapi perpaduan komitmen dan semboyan guna terus menciptakan suatu produk yang inovatif dan unggul. Slogan yang membangun, menimbulkan citra yang baik pula bagi produk sebuah perusahaan. Membuat slogan atau tagline yang cocok untuk sebuah produk atau merek bukanlah hal yang mudah, karena slogan membangun komunikasi perusahaan kepada pelanggannya. Oleh karena itu butuh ide-ide segar serta pemikiran yang kreatif saat akan membuat sebuah slogan.

Banyak pebisnis yang belum sadar akan pentingnya sebuah slogan bagi produk dan merek, serta perusahaannya. Slogan menjadi identitas penting sebuah produk yang akan membantu dengan cepat dikenal oleh masyarakat luas. Dalam dunia periklanan, produk tanpa slogan ibarat rumah tanpa alamat, dimana untuk mencarinya harus tahu ciri-cirinya agar mereka tak salah alamat. Sebuah produk untuk menjaring banyak pelanggan, harus mengunakan slogan yang mudah ditangkap oleh pelanggannya. Slogan itulah merupakan petunjuk awal bagi calon pelanggan, untuk mengenali produk sebuah perusahaan, semakin unik akan semakin mudah dikenali.

Slogan yang baik merupakan bagian dari cara berpikir kreatif, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan jelas. Slogan harus dirancang dengan tepat dan dengan pesan yang jelas, agar pelanggan mampu memahami brand secara utuh. Slogan bukanlah bagian promosi yang selalu diganti-ganti secara berkala, karena merupakan filosofi perusahaan yang menjadi identitas sebuah produk. Selain itu, juga merupakan tujuan dari sebuah pelayanan bisnis kepada pelanggannya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah slogan, karena hal ini juga akan berhubungan dengan visi perusahaan untuk jangka panjang.

Pengusaha yang ingin usahanya maju harus memiliki pemikiran visioner, dan komitmen untuk mengembangkan usahanya menjadi yang lebih baik. Agar visi tak hilang dari ingatan, sebaiknya dicarilah slogan yang mengena di hati pengusaha maupun konsumen. Slogan adalah sebuah komitmen bagi perusahaan, sedangkan untuk konsumen, slogan merupakan sebuah janji yang diberikan perusahaan. Agar konsumen percaya dengan kualitas produk, sebaiknya dicarikan slogan yang pas dan sesuai dengan konsep bisnis Perusahaan. Carilah slogan yang bisa membangkitkan kepercayaan konsumen, karena mereka butuh sesuatu yang bisa dipercaya.

Janganlah memasang slogan yang bermakna bombastis, sehingga sulit direalisasikan. Jangan sampai slogan yang dibuat justru membohongi pelanggan, hal ini akan merugikan usaha Anda sendiri. Sebuah slogan merefleksikan kepribadian dari produk yang diwakilinya, apakah kualitas dari produk tersebut, sifat-sifat, atribut fisik, serta hal-hal lain yang mencerminkan pribadi sebuah produk. Terkadang dalam membuat slogan, kata-kata yang digunakan sering sekali terkesan berlebihan dalam memposisikan pribadi sebuah produk. Pemilihan jumlah kata-katanya pun terlalu panjang dan menjemukan, hal ini kurang efektif dan tidak efisien.

Jika produk Anda mempunyai keunggulan atau keunikan yang tidak dimiliki oleh produk pesaing, tekankan keunggulan tersebut dalam slogan produk Anda, untuk menjadikan alasan mengapa pelanggan harus membeli produk Anda daripada produk pesaing. Slogan produk Anda harus mampu membuat calon pelanggan terkesan, agar mereka sadar bahwa produk yang Anda jual memang benar-benar mampu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis. Kesimpulannya, slogan harus mampu menjual keunggulan yang dimiliki oleh sebuah produk, dengan cara yang kreatif dan unik.