Pengusaha Wajib Mengerti Branding

0
‘Sebenarnya persaingan bisnis itu bukanlah persaingan langsung dengan kompetitor, tapi persaingan untuk memasukkan brand kita ke dalam benak konsumen’ – Hadi Nugroho, Owner Bazozate –

Kegigihan serta ketekunan seorang pengusaha untuk fokus membuat formula mengejar mimpi-mimpi bisnisnya pastilah akan membuahkan hasil seperti apa yang diharapkan. Seperti usaha Hadi Nugroho, Owner Bazozate, yang awalnya jatuh bangun selama 6 tahun untuk fokus membangun dan mengembangkan bisnis baksonya. Mulai usaha bakso dari waralaba, bakso gerobak, hingga jualan bakso di emperan pernah dilakoninya. Dari banyak pengalamannya gagal dalam usaha baksonya tersebut, Hadi justru mendapatkan banyak pelajaran berharga untuk menemukan formula bisnis bakso yang saat ini diwujudkan dengan brand Bazozate. Alhasil gerai bakso Bazozate milik Hadi yang berada di jalan Biliton, Surabaya, selalu ramai oleh pengunjung atau penikmat bakso.

Bazozate hadir dengan konsep bakso yang dibakar seperti layaknya sate pada umumnya, dengan aneka bumbu dan varian rasa, serta menu minuman dan makanan pendamping lainnya. Sesuai dengan tagline dari Bazozate sendiri ‘Yang Muda Ya Bakso Sate’, mantan Atlit Nasional Bulu Tangkis ini mencoba menyasar pasar anak muda. Oleh karena itu, gerainya pun di desain senyaman mungkin dengan konsep anak muda, yang betah berlama-lama saat menikmati menu-menu baksonya. Dia juga membuat Wall Corner dalam gerainya, dengan tema-tema yang diganti setiap 2 bulan sekali. Pengunjung atau pelanggan setianya bisa membubuhkan tanda tangan mereka di Wall Corner tersebut, serta mendokumentasikannya dengan berfoto selfie bersama.

Karena pasar yang dituju adalah anak muda, promosi dan aktivitas branding Bazozate melalui sosial media dipilih Hadi sebagai media yang tepat. Hadi sendiri lebih memfokuskan pada penggunaan Instagram daripada media sosial lainnya. Branding bagi Dia adalah suatu hal yang sangat penting bagi usahanya, ‘Sebenarnya persaingan bisnis itu bukanlah persaingan langsung dengan kompetitor, tapi persaingan untuk memasukkan brand kita ke dalam benak konsumen’, tutur Hadi. Bagi Hadi pengusaha juga wajib hukumnya untuk membangun network, baik itu antar sesame pengusaha lainnya hingga dengan media. Menurut Dia peran media juga sangat besar untuk pengembangan bisnis, Hadi juga telah membangun hubungan baik dengan para blogger.

Baginya pelayanan dengan menggunakan hati untuk para pelanggannya, juga merupakan salah satu kunci untuk bisa memenangkan persaingan. Di usianya yang masih 27 tahun, Hadi berharap kedepan Bazozate bisa terkenal setara dengan brand-brand luar seperti McD, KFC, dan Pizza Hut. Dengan kata lain, sebagai mantan atlit Dia harus bisa mengharumkan dan mengibarkan merah putih lewat versi usaha kuliner yang dilakoninya. Salah satu anugerah kita dalam berbisnis, kita diberi waktu yang fleksibel oleh tuhan. Salah satu jalan berarti buat banyak orang salah satunya adalah menjadi pengusaha, karena bisa menjadi saluran berkat untuk para pekerja kita, ‘Dari bisnis bakso ini, insya Allah saya nantinya bisa kibarkan merah putih dengan versi saya’ tegas Hadi.