Pantai Kedung Tumpang, ‘Kolam Surganya’ Tulungagung

0

Jika selama ini banyak masyarakat menjadikan Bali sebagai ‘surganya’ wisata Pantai, ternyata di kawasan Jawa Timur juga punya wisata pantai yang sangat indah dan lebih alami. Namanya Pantai Kedung Tumpang, di Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaban Tulungagung.

Sekilas, pantai ini berbeda dengan pantai yang lain. Tidak banyak butiran pasir putih nan halus disekitar pantai, namun yang ditemui adalah aneka kolam yang terbentuk secara alami dan sangat indah. Saking indahnya, pengunjung bisa melihat secara langsung gugusan karang dan keindahan di dalam kolam. Airnya pun masih sangat bersih dan alami.

Kolam alami yang ada di sekitar pantai memang menjadi daya tarik tersendiri. Sebab kolam tersebut terbentuk secara alami, yaitu karena hempasan gelombang laut selatan yang kuat, sehingga melubangi karang yang ada, hingga terbentuklah kolam kecil yang sangat indah.

Saking indahnya pemandangan kolam yang terpancar, banyak wisatawan menghabiskan waktunya untuk berenang dan berfoto. Apalagi jika ada ombak yang menghantam batu karang di sekitar pantai, pastinya akan membuat hasil rekaman gambar itu makin tampak ‘hidup’. Itu sebabnya, banyak wisatawan yang menyebut Pantai Kedung Tumpang sebagai Pantai Surga, karena kolam tersebut sangat layak menjadi kolam pemandaian para bidadari.

Dibalik keindahan pantai yang ditawarkan, tampaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan wisatawan. Yaitu akses jalan menuju Pantai Kedung Tumpang. Jalanan yang agak curam dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua menjadikan pantai tersebut belum banyak dikenal orang. Lahan parkir yang disediakan adalah lahan milik orang perorangan, sehingga harus jeli menempatkan kendaraan, agar tidak mengganggu tanaman sekitar. Biasanya, wisatawan yang datang adalah anak-anak muda dan rombongan pecinta alam.

Itu sebabnya, belum banyak masyarakat yang tahu keberadaan Pantai tersebut. Namun jika sudah sampai ke lokasi, wisatawan akan enggan beranjak. Apalagi kalau sudah menikmati kesegaran air kolam di Pantau Kedung Tumpang, pasti muncul keinginan untuk bisa datang kembali.