Mudik aman dengan RoofRack yang tepat

0

Jelang Lebaran, salah satu tradisi yang tak bisa ditinggalkan adalah MUDIK. Nah, bagi mereka yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, kini saatnya mempersiapkan kendaraan dan kebutuhan lainnya. Salah satunya adalah menyiapkan bagasi untuk kendaraan.

Dalam perjalanan jauh, bagasi ekstra punya manfaat untuk membawa barang. Ukurannya pun beragam, sesuai kebutuhan dan dimensi mobil. Penggunaan bagasi mobil  (Roof Rack atau Roof Box) harus disesuaikan dengan kondisi kendaraan. Jika tidak, maka penggunaan roof rack hanya mengundang kerugian. Pertama, dari segi bobot. Semakin besar ukuran akan semakin berat. Kedua, dimensi yang besar merupakan obyek penghasil hambatan angin. Bertambahnya hambatan angin berbanding lurus dengan penambahan beban kerja mesin. Akibatnya, konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.

Tips membawa barang di atap mobil :

  1. Pilih jenis bahan roof  rack yang tepat

Ada dua jenis bahan, yaitu bahan baja dan aluminium. Bahan baja biasanya lebih kuat dan berat, sedangkan bahan aluminium biasanya lebih ringan. Bila mobil Anda sedan atau jenis minibus kecil, maka barang yang ditempatkan di atap antara 50-80 kilogram. Sedangkan untuk jenis MPV dan  SUV menengah atau besar 100-150 kilogram.

  1. Pilih bentuk yang tepat

Ada dua bentuk roof  rack yang beredar di pasaran. Pertama, bentuk dua sisi, yaitu berupa sambungan pipa-pipa pada bagian depan dan dibelakang yang dipasang sejajar melintang di atap mobil. Kedua, bentuk empat sisi, yaitu bagian depan dan belakang serta bagian samping kiri dan kanan membentuk persegi panjang. Rak empat sisi bisa melindungi dan menjaga kestabilan barang yang lebih tinggi, namun bentuk ini memiliki keterbatasan kapasitas dan kurang fleksibel memuat barang.

  1. Pastikan pemasangan dengan tepat

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, sebaiknya serahkan pemasangan roof rack pada ahlinya atau bengkel mobil setempat agar tidak merusak atap mobil.

  1. Perhatikan aspek aerodinamis

Membawa barang di atap mobil akan berpengaruh pada kemampuan mobil dalam menembus hambatan angin saat mobil melaju kencang. Makin banyak barang yang dibawa, hambatan juga semakin tinggi.