Modis Dengan Jaket Kulit

0

Agar tidak tertipu oleh jaket kulit yang ditawarkan, sebelum membeli kita harus tahu perbedaan antara jaket yang berbahan kulit asli dan kulit sintetis.

 

modis dengan jaket kulitSaat ini tidak hanya pengendara sepeda motor saja yang menyukai dan menggunakan Jaket Kulit, jaket ini sudah menjadi bagian dari mode fesyen. Banyak seniman serta musisi menggunakan jaket kulit untuk mendukung penampilan dan performanya ketika mereka sedang melakukan pertunjukan di depan para penggemarnya. Tren penggunaan jaket kulit ini juga meluas di masyarakat, karena selain dapat mendukung penampilan, jaket kulit juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan jaket yang tidak berbahan kulit. Selain itu, desain jaket kulit saat ini juga mengikuti tren yang ada, banyak rumah mode kelas dunia yang juga menggarap jaket kulit ini.

Jaket tidak hanya dikenakan oleh pria saja, ada juga yang dirancang khusus untuk wanita, dimana desain dan warnanya pun menyesuaikan dengan selera kaum hawa. Fenomena ini menjadi sebuah motivasi bagi industri pembuat jaket kulit untuk sebisa mungkin memenuhi permintaan pasar yang meningkat pesat. Saat ini jaket kulit banyak diminati, meski harganya bisa dibilang mahal untuk kalangan umum, ternyata mereka yang mengoleksi jaket ini jumlahnya tidak sedikit. Jaket berbahan kulit dinilai memiliki keunggulan daripada jaket berbahan kain atau kulit sentetis, karena jaket kulit lebih awet, lebih kuat, dan tidak mudah basah saat terkena air atau cairan lainnya.

Jaket kulit memiliki pori-pori kecil, sehingga ketika terkena air hujan tak mudah rembes ke dalam jaket, tidak gampang basah, badan pemakainya tetap kering dan tidak mudah kedinginan. Bahan utama jaket kulit biasanya diambil dari kulit sapi atau kulit domba yang sudah diproses melalui penyamakan, sehingga menghasilkan bahan jaket yang kualitasnya baik. Walau dipakai selama bertahun-tahun kondisi jaket ini tak mudah rusak. Berbeda dengan jaket dari bahan katun dan wol, kalau sudah sering dipakai warna kainnya cepat pudar dan mudah robek. Jaket kulit kuat dan tidak mudah robek, walau sering diterpa oleh sinar matahari kualitas jaket jenis ini tetap baik.

Jaket kulit yang baik terbuat dari kulit binatang yang sudah diproses melalui berbagai tahapan dan pewarnaan kimiawi agar menghasilkan kulit yang lentur.  Kulit sapi sudah lama dijadikan sebagai bahan utama jaket ini, keunggulan kulit sapi antara lain ukurannya relatif lebar, lentur dan awet. Selain kulit sapi, kulit domba juga bisa dijadikan sebagai bahan membuat jaket kulit,  dimana kualitasnya tidak berbeda jauh dengan kulit sapi. Kelebihannya jaket yang dibuat dari kulit domba adalah teksturnya halus, tidak mudah robek, serta ringan. Selain kulit asli, dipasaran saat ini juga banyak jaket kulit yang menggunakan bahan dasar dari kulit sintetis, atau jaket kulit palsu.

Jaket kulit sintetis bahannya dibuat dari campuran karet dan pvc, harga jaket sintetis ini cenderung lebih murah, namun kualitas jaket sintetis sangat jauh dari jaket kulit, mudah robek dan warnanya pun gampang kusam. Agar tidak tertipu oleh jaket kulit yang ditawarkan, sebelum membeli kita harus tahu perbedaan antara jaket yang berbahan kulit asli dan kulit sintetis. Kulit asli memiliki tekstur atau motif yang khas, elegan dan eksotik, serta memiliki daya tahan yang cukup tinggi sulit terbakar. Sedangkan kulit sintetis Apabila diraba akan terasa lengket, memiliki daya tahan yang rendah dan mudah sobek, biasanya tercium bau vinil, dan apabila dibakar akan mengkerut.

 

Meskipun jaket kulit terkenal dengan kualitasnya yang kuat dan awet, tapi juga harus dirawat dengan baik. Seminggu sekali harus dibersihkan dengan dilap menggunakan air sabun, jangan di rendam ke dalam air, kemudian dibilas dengan air bersih dan dijemur sampai kering. Menjaga jaket ini tetap awet ada berbagai larangan yang harus dipatuhi,  jangan dilipat dan disetrika. Ketika tidak dipakai dalam waktu yang lama, jaket harus disimpan didalam lemari dengan posisi di gantung menggunakan hanger. Jika Anda tertarik untuk memakai serta mengoleksi jaket kulit, jangan sampai tertipu dengan yang palsu, serta jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin.