Kreativitas Akan Memenangkan Persaingan

0
‘Ketika berbicara tentang pasar dan persaingan, dimana akan banyak bermunculan pesaing dan membuat persaingan semakin ketat, mereka yang kreatif akan memenangkan persaingan’ – Y. Adhi Setya, Director PT. Bintang Indo Jaya.

Membangun serta mengembangkan budaya perusahaan yang kreatif, serta menularkannya pada semua orang yang ada dalam perusahaan tersebut adalah pekerjaan yang tidak mudah. Perlu waktu dan kesabaran yang konsisten saat melewati tahapannya. Hal inilah yang dilakukan oleh Y. Adhi Setya, Director PT. Bintang Indo Jaya, pemegang brand Rotiboy Bakeshoppe di Indonesia. Rotiboy saat ini merupakan leader market Mexican Bun yang berasal dari Malaysia, dimana sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2004. Pria yang memiliki dua gelar S2 ini bergabung dengan PT. Bintang Indo Jaya sejak tahun 2011. Banyak hal yang menjadi tanggung jawabnya untuk memajukan perusahaan, dengan membangun budaya kerja yang nyaman penuh dengan kreativitas.

Waktu pertama beliau bergabung dengan perusahaan ini Rotiboy masih memiliki 17 cabang, sampai saat ini gerainya sudah ada 32 cabang dengan total 235 orang karyawan. Tidak mudah menggandeng semua karyawan dan divisi-divisi yang ada untuk berkomitmen bersama dalam membangun perusahaan. Banyak perubahan yang Adhi buat dengan menanamkan nilai-nilai inti dalam perusahaan, salah satunya adalah integritas. Adhi menggali potensi kreatif dari orang-orang yang ada di perusahaannya, dengan ini Dia bisa mendapatkan beberapa orang yang memiliki potensi-potensi kreatif. Kreativitas dan ide-ide positif mereka ditampung kemudian dilaksanakan bersama seluruh karyawan yang ada untuk meningkatkan penjualan serta memajukan perusahaan.

Menurut Adhi, PT Bintang Indo Jaya di tahun 2015 ini mempunyai motto Creativity Is My Soul, maksudnya setiap pribadi mereka dituntut untuk berkreativitas, berpikir serta melakukan hal-hal yang positif. Disini mereka digali dan diajarkan bagaimana mempunyai rasa percaya diri, bagaimana mereka memiliki nilai-nilai dan lain sebagainya. Bagi Adhi masing-masing orang adalah penting bagi perusahaan, mereka memiliki peran yang sangat vital bagi perusahaan. Hal-hal seperti inilah yang dia lakukan, supaya ide-ide kreatif bisa muncul dan semakin berkembang. ‘Ketika berbicara tentang pasar dan persaingan, dimana akan banyak bermunculan pesaing dan membuat persaingan semakin ketat, mereka yang kreatif akan memenangkan persaingan’, tegas Adhi.

Sebelum bekerja di perusahaan ini, Adhi pernah bekerja di perusahaan Amerika yang bergerak dibidang Air Conditioning, dan berwiraswasta dibidang Agribisnis. Adhi selalu mengingat falsafah-falsafah jawa yang selalu dituturkan orang tuanya, karena bermanfaat dan menuntunnya dalam kehidupan. Bapak dua anak yang hobi membaca buku ini, setiap hari selalu menganggarkan waktunya minimal 1 jam untuk membaca. Selain menghibur dan memberikan ilmu pengetahuan, membaca menurut Adhi bisa menggerakkan otaknya serta membuat daya ingat semakin baik. Di usianya yang 51 tahun, Adhi berharap hidupnya dapat bermanfaat bagi orang lain. Sebelum bekerja Adhi selalu bersyukur dan berdoa, memohon agar dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain.