Komunitas Surabaya Metropolis Scooter

0
Mereka rencananya akan mengadakan acara touring ke Sedudo, Nganjuk, yang juga akan mengajak komunitas skuter lainnya pada pertengahan bulan Mei ini.

Berkendara di atas sepeda motor skuter (scooter) menikmati sebuah perjalanan adalah sesuatu yang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi hal itu dilakukan bersama dengan mereka yang memiliki hobi yang sama. Hobi inilah yang dimiliki oleh anggota-anggota komunitas Surabaya Metropolis Scooter (SMS), yang sudah berdiri sejak bulan Mei tahun 2002. Anggota Surabaya Metropolis Scooter sendiri kebanyakan didominasi oleh orang-orang tua, yang memang sejak mudanya suka dengan sepeda motor unik ini, meskipun ada juga mereka yang masih muda. Meskipun rata-rata umur mereka sudah tua, tapi semangatnya untuk berkomunitas tidak kalah dengan mereka yang muda, bahkan mereka juga sering mengadakan kegiatan touring keluar kota.

Saat ini anggota SMS berjumlah 30 orang dan berasal dari berbagai kalangan. Mereka memiliki jadwal rutin berkumpul setiap malam minggu, jam 9 malam, di Gedung Perpustakaan Bank Indonesia (BI) Surabaya atau bekas Museum Mpu Tantular, yang letaknya berada di seberang Masjid Alfalah Surabaya. Ketika sedang berkumpul biasanya mereka sharing seputar dunia skuter dan permasalahannya, serta kegiatan-kegiatan yang akan mereka lakukan. Setiap bulannya mereka juga memiliki jadwal rutin berkunjung ke salah satu rumah anggota Surabaya Metropolis Scooter, secara bergiliran sesuai jadwal. Mereka juga kadang mengadakan kegiatan sosial, seperti membagikan sembako kepada mereka yang kekurangan, dan takjil pada saat bulan Ramadhan.

Menurut Riyanto, ketua Surabaya Metropolis Scooter, setiap anggota bebas memiliki jenis skuter apa saja dalam komunitasnya, orisinil, tidak diperbolehkan skuter yang modifikasinya ceper, kalau pun dimodifikasi harus modifikasi yang bagus tidak asal-asalan. Rata-rata skuter yang dimiliki oleh anggota komunitas ini adalah Vespa jenis PX, Excel, dan Super, dimana tahun produksinya berbeda-beda. Riyanto sendiri memiliki puluhan koleksi jenis skuter, mulai dari skuter super klasik tahun enam puluhan yang masih orisinil, hingga skuter yang Dia modifikasi berbentuk Harley. Bagi anggota-anggota Surabaya Metropolis Scooter ini, mempunyai dan berkendara di atas skuter-skuter kesayangan mereka memiliki keunikan dan keasyikan tersendiri.

Ternyata merawat sepeda motor skuter hampir sama dengan merawat sepeda motor biasa, jadi tidak terlalu merepotkan. Surabaya Metropolis Scooter juga membangun link dengan komunitas skuter lainnya yang ada diluar kota, hampir seluruh kota-kota yang ada di Jawa Timur pernah dikunjunginya saat melakukan touring. Di bulan Mei ini, Surabaya Metropolis Scooter akan merayakan ulang tahunnya yang Ke-13. Mereka rencananya akan mengadakan acara touring ke Sedudo, Nganjuk, yang juga akan mengajak komunitas skuter lainnya pada pertengahan bulan Mei ini. Slogan SMS adalah Seduluran Saklawase, Riyanto berharap kedepan komunitas skuter ini tetap langgeng, banyak kegiatan positif, dan banyak juga anak-anak muda yang suka skuter.

 

Nama               : Surabaya Metropolis Scooter
Anggota          : 30 Orang
Facebook         : Surabaya Metropolis Scooter
CP                   : 0812 3177 8887 (Riyanto)