Komunitas Sepeda Lowrider Surabaya

0
Komunitas ini sudah 2 kali mengadakan kegiatan gathering mengundang komunitas-komunitas serupa yang ada di pulau Jawa, pada tahun 2010 dan 2012.

FOTO UTAMABanyak cara untuk menikmati suasana berkendara di jalanan, salah satunya adalah mengendarai Sepeda Lowrider yang bentuknya unik. Sepeda lowrider adalah sepeda yang dikenal masyarakat sebagai sepeda yang nyentrik dan unik, serta membuat mereka yang melihatnya tersenyum. Saat ini mereka yang hobi dengan sepeda ini semakin banyak, mereka juga membentuk komunitas tersendiri di berbagai kota, begitu juga dengan Surabaya. SLOW atau Suroboyo Lowrider adalah salah satu komunitas sepeda lowrider yang ada di Surabaya. Komunitas ini dibentuk pada tanggal 27 April 2009, saat ini anggotanya berjumlah 25 orang. Mereka terdiri dari berbagai kalangan, umumnya adalah pelajar, tapi ada juga orang-orang dewasa yang tergabung dalam komunitas ini

 

Anggota SLOW memiliki jadwal rutin berkumpul seminggu 2 kali, Sabtu malam jam 20.00 WIB di Balai Pemuda Surabaya, dan Minggu pagi dalam acara Car Free Day yang bertempat di Jalan Raya Darmo, disekitar Taman Bungkul Surabaya. Saat berkumpul, mereka biasanya sharing antar anggota seputar dunia sepeda lowrider, mengenalkan sepeda dan komunitas ini kepada masyarakat, serta melakukan kegiatan Goes bareng menuju tempat-tempat di Surabaya yang belum mereka kunjungi. Menurut Adi Kurniawan, yang akrab dipanggil Pak Wo, ketua Komunitas Suroboyo Lowrider, sejak SLOW didirikan, komunitas ini sudah 2 kali mengadakan kegiatan gathering mengundang komunitas-komunitas serupa yang ada di pulau Jawa, pada tahun 2010 dan 2012.

 

Komunitas ini memiliki bengkel khusus untuk membantu memodifikasi sepeda-sepeda lowrider anggotanya. Ide-ide kreatif yang ada ditampung untuk membangun sebuah sepeda lowrider, setelah itu dibantu untuk merealisasikannya. Terdapat anggota yang memiliki kepiawaian khusus dalam mendesain sepeda lowrider dalam komunitas yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun ini. SLOW memiliki tagline atau slogan ‘Life For Unity’, dimana komunitas ini lebih mementingkan sifat kekeluargaan, persahabatan, dan guyub, pada setiap anggotanya. Sepeda lowrider ini sebenarnya hanya menjadi alat atau media untuk menambah teman, dan bersosialisasi seperti sebuah keluarga, oleh karena itu mereka selalu terlihat guyub dan kompak setiap berkegiatan.

 

Untuk memiliki satu buah sepeda lowrider, dana yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan keinginan pemiliknya, saat ini juga sudah ada pabrikan lokal yang memproduksi dan menjual sepeda ini. Pak Wo berharap, kedepan komunitasnya bisa eksis mengenalkan budaya lowrider, terutama budaya bersepeda. ‘Kami membuat sepeda lowrider seunik ini untuk mengenalkan budaya bersepeda, serta menarik masyarakat bersepeda’, tegas Pak Wo. Dia juga berharap, agar pengendara mobil dan sepeda motor di jalan menghargai dan peduli terhadap keberadaan pengguna sepeda lowrider dan sepeda umumnya, saat berkendara di jalan. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki sepeda lowrider dan bergabung dalam SLOW, Anda dapat menghubungi komunitas ini.

 

Nama               : SLOW (Suroboyo Lowrider)

Anggota          : 25 Orang

FB                   : Slow Suroboyo Lowrider

E-mail              : Suroboyolowridercommunity@yahoo.co.id

CP                   : 0878 5511 7302 (Evan), 0856 5581 5511 (Top_x)