Komunitas CBR Indonesia (KCI)

0
Rela Meluncur ke Malang untuk Bantu Teman yang Kendaraannya Mogok

Mengikat rasa persaudaraan tidak harus dilakukan mereka yang punya ikatan darah. Namun orang lain yang awalnya tidak saling kenal pun bisa menjadi saudara, bahkan kedekatan yang dijalin bisa melebihi saudara kandung. Misi itulah yang coba diwujudkan anggota Komunitas CBR Indonesia (KCI) cabang Surabaya.

“Kami memang tidak asal kumpul-kumpul, tapi juga menjalin rasa persaudaraan antar anggota. Kalau ada anggota yang butuh bantuan, kami bisa saling support. Bahkan pernah ada anggota yang motornya mogok di Malang. Tanpa diperintah, ada rekan lain yang langsung meluncur dan membantu di Malang,” jelas Yoyok, Ketua KCI kepada Iklan Pos, Kamis (23/7).

Tidak hanya urusan kendaraan, banyak juga anggota yang saling mendukung dalam urusan bisnis. Bisa jadi, sebab sebagian besar anggota KCI adalah pelaku bisnis dan karyawan. Meski ada juga dari kalangan mahasiswa dan ibu rumah tangga.

“Biasanya dari ngobrol-ngobrol gini, kita jadi tahu pekerjaan masing-masing anggota. Dulu ada anggota yang kerjanya marketingan, lalu kita bantu jualin produknya. Cuma dari mulut ke mulut aja, akhirnya jadi banyak yang beli,” kata Sani, Sekretaris KCI.

Keberadaan KCI sendiri sebenarnya masih tergolong baru. Mereka baru resmi berdiri pada 22 Juni 2015. Meski demikian, banyak diantara anggota sudah saling kenal. KCI sendiri merupakan gabungan dari beberapa klub motor sport di Surabaya. Bahkan ada juga anggota yang berasal dari klub kendaraan lain, seperti Mercy.

“Ada diantara kami yang punya kendaraan atau hobi lain dan tergabung dalam komunitas. Kebetulan kami punya kecintaan yang sama besar dengan motor sport, akhirnya bergabung dalam komunitas ini,” jelas pria yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Kecintaan terhadap motor sport sebenarnya sudah dirasakan yoyok sejak lama. Selain bentuknya yang keren, motor sport juga termasuk kendaraan yang jarang ‘rewel’. Motor sport juga bisa dimiliki di semua lapisan masyarakat, karena harganya sangat terjangkau. Itu sebabnya, anggota KCI kerap melakukan touring dan budaya tertib berlalu lintas pada tiap anggota.

Ke depan, mereka telah menyiapkan berbagai kegiatan sosial, diantaranya donor darah. Mereka juga membuka kesempatan bagi masyarakat pecinta motor sport yang ingin bergabung, bisa langsung mendaftar ke Sekretariat KCI. Biasanya setiap sore, selepas jam kerja,  mereka berkumpul di kawasan Bintoro Surabaya. Khusus untuk Sabtu malam, mereka berkumpul di area Jl. Darmo Surabaya.