Ikan Hias Penghilang Stres

0
Meskipun waktu yang kita anggarkan tidak terlalu lama, rutinitas dan aktivitas melihat ikan-ikan ini yang ada dalam akuarium akan sedikit mengendorkan

Aktivitas dan rutinitas yang kita lakukan sehari-hari, baik itu dalam pekerjaan maupun hal lainnya kerap kali mendatangkan tekanan hidup yang mengakibatkan stress. Ketegangan dan kecemasan yang menjadi penyebab stres ini, akan berkurang saat tubuh kita dalam kondisi atau keadaan rileks. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh kita menjadi rileks, sehingga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan stres. Beberapa diantaranya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah mendengarkan musik favorit, pijat tubuh, berendam dalam air hangat, dan melihat pergerakan serta bentuk ikan hias yang beraneka ragam dalam sebuah akuarium atau kolam.

Memelihara ikan hias air tawar atau air laut dalam akuarium bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan stres. Bentuk dan warna ikan yang indah, serta gerakannya yang unik dapat memberikan hiburan, membuat mata dan pikiran kita rileks. Meskipun waktu yang kita anggarkan tidak terlalu lama, rutinitas dan aktivitas melihat ikan-ikan ini yang ada dalam akuarium akan sedikit mengendorkan urat syaraf. Ketegangan urat syaraf setelah dipaksa bekerja seharian akan membuat mata kita terasa lelah. Mata yang lelah ini harus di istirahatkan agar tidak mengakibatkan stress dan gangguan penglihatan, apalagi bagi mereka yang setiap hari bekerja di depan monitor.

Mungkin kita pernah melihat keberadaan akuarium di perkantoran dan ruang-ruang kerja yang di desain sedemikian rupa, baik itu ukurannya yang besar maupun yang bentuknya mungil. Akuarium dengan ukuran besar biasanya diletakkan di tempat umum atau lobi, yang bisa dilihat oleh banyak orang. Ruang tunggu yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk menunggu terkadang membosankan, tapi dengan adanya akuarium berukuran besar yang dipenuhi oleh ikan-ikan cantik, akan memberi hiburan bagi mereka yang ada di ruang tersebut. Terakadang mereka juga betah dengan suasananya, sehingga mereka merasa nyaman dan bisa sedikit melepas penat sesaat.

Banyak jenis ikan yang tersedia di pasaran, menurut data yang ada, Indonesia sendiri memiliki sekitar 4500 jenis ikan hias air tawar maupun air laut. Keunikan bentuk serta warna-warna ikan ini, membuat kita bisa memilih ikan apa yang akan dipelihara. Saat ini ikan hiar air tawar yang umum dipelihara oleh masyarakat pecinta ikan hias yaitu ikan Koki, Discus, Louhan, Arwana, Guppy, Cupang, dan Arwana. Sedangkan ikan hias air laut yang umum dipelihara beberapa diantaranya yaitu Clownfish atau Ikan Badut, Blue Tang, Butterfly, Coral Beauties, dan Kuda Laut. Meskipun untuk memelihara ikan air laut lebih sulit, namun setiap tahun peminatnya selalu bertambah.

 

Bagi yang memiliki tempat cukup luas, memelihara ikan hias di dalam kolam bisa dibuat seunik mungkin, agar ikan-ikan hias yang dipelihara bisa berinteraksi langsung dengan pemiliknya. Banyak jenis ikan hias yang bisa dipelihara di kolam, tapi Ikan Koi saat ini masih menjadi primadona untuk dipelihara. Karena selain memiliki jenis dan warna-warna yang beragam serta unik coraknya, ikan koi juga dianggap dapat mendatangkan hoki bagi sebagian orang. Memberi makan ikan-ikan hias dan berinteraksi dengan memegangnya disaat kita stress atau dalam keadaan penat, akan membuat mata nyaman serta memberikan relaksasi yang tenang terhadap pikiran.

Memelihara ikan kesayangan dalam akuarium-akuarium mungil saat ini juga menjadi kesenangan para pecinta ikan hias. Selain keterbatasan tempat atau ruang, keberadaannya juga bisa dipindah-pindah dengan mudah, bahkan dibawa keluar ruang. Selain bentuk dan warna ikan-ikan hias yang unik, keberadaan hiasan atau aksesoris yang ada dalam akuarium juga bisa menghadirkan pesona yang indah bagi orang yang melihatnya. Seperti halnya Aquascape, yang menghadirkan ekosistem air atau biota laut didalam akuarium, dengan tampilan desain yang unik seperti menghadirkan suasana taman, hutan, gunung, goa, atau kombinasi dari semuanya yang begitu indah dilihat.