Eksotisme Gunung dari Garam

0

 

Bagi pecinta alam khususnya pendaki, sebaiknya jangan sekali-kali mendaki Gunung Monte Kali di Heringan, Jerman. Pasalnya, gunung tersebut adalah gunung buatan yang secara ‘tidak sengaja’ terbentuk dari garam. Dikatakan ‘tidak sengaja’ karena proses terbentuknya gunung disebabkan oleh kesalahan manusia yang terbentuk sejak puluhan tahun lalu.

Sejarah awalnya, Heringan adalah kota kecil yang berjarak sekitar 170 km dari Frankfurt. Pada tahun 1976, Heringan memiliki tambang yang sangat aktif. Kegiatan penambangan berkembang pesat di bawah perusahaan kimia bernama K+S, dan garam merupakan komoditi utama saat itu.

Untuk memperlancar kegiatan penambangan, perusahaan tersebut memiliki area khusus untuk membuang sisa pengolahan garam. Perlahan namun pasti, tempat pengolahan tersebut makin menumpuk dan menggunung. Setidaknya ada 188 juta ton garam dan 900 ton material lainnya menumpuk disana. Tanpa disadari, luas gunung garam tersebut mencapai 93 hektar dengan puncaknya berada di ketinggian 230 meter.

Pada awalnya, keadaan tersebut dianggap bencana. Namun lama kelamaan justru banyak wisatawan yang penasaran dan berkunjung. Bahkan tidak sedikit yang nekat mendaki hanya untuk melihat pemandangan dari atas gunung. Hasilnya memang tidak mengecewakan, karena ternyata dari puncak Monte Kali, wisatawan bisa menikmati keindahan kota Heringan.

Meski menyimpan eksotisme dan daya tarik tersendiri, namun Kali Monte tetap menyimpan banyak kelemahan. Garam yang ada pada gundukan tersebut membuat tanah di sekitarnya menjadi tandus dan membuat Sungai Werra yang ada di sekitarnya menjadi asin dan tidak bisa ditinggali makhluk hidup.

Pemerintah setempat sebenarnya pernah memberlakukan larangan pendakian, namun tetap saja banyak wisatawan yang datang karena penasaran dan terpesona dengan keindahan gunung garam tersebut. Akhirnya, dibuat aturan untuk membatasi jumlah wisatawan yang berkunjung. Sebelumnya, wisatawan harus membeli tiket masuk di Museum Werra Potash. Setelah itu baru diizinkan mendaki Monte Kali. Group dengan 10 orang diizinkan naik pada hari Rabu, Jumat, Sabtu dan Minggu. Sedangkan pengunjung yang datang sendiri diperkenankan datang pada hari Jumat, Minggu dan hari libur nasional. (dari berbagai sumber)