Draconian Komunitas Calisthenics Surabaya

0
Sebelum bergabung Indra memiliki berat badan 75 Kg dengan tinggi yang hanya 165 Cm, setelah bergabung dan melakukan latihan serius beratnya turun menjadi 62 Kg, padahal sebelumnya untuk pull up dan push up saja tidak bisa.

Untuk memiliki tubuh sehat dan bugar ternyata tidaklah sulit, dan harus mengeluarkan biaya mahal untuk pergi ke tempat-tempat fitnes atau Gym. Hal inilah yang dilakukan oleh Komunitas Draconian Calisthenics Team Surabaya, dimana anggota-anggotanya memiliki bentuk tubuh yang ideal. Draconian adalah sebuah komunitas olahraga dibidang Calisthenics, merupakan jenis olahraga yang menggunakan berat badan sebagai beban saat latihan. Satu gerakan dalam olahraga ini bisa menguatkan serta membentuk beberapa macam otot tubuh, sehingga membuat bentuk tubuh ideal dan menyehatkan. Komunitas ini dibentuk pada tanggal 8 Agustus 2013 oleh 2 orang foundernya, Dedy Gunawan dan Victor Agustono. Dari yang awalnya hanya 2 orang saja, saat ini anggota Draconian berjumlah 80 orang, yang terdiri dari berbagai kalangan.

Komunitas Draconian memiliki jadwal berkumpul di Taman Sulawesi, Surabaya, setiap hari Sabtu jam 4 sore dan hari Minggu jam 6 pagi. Menurut Victor, pada dasarnya Calisthenics ini mampu meningkatkan strength, endurance, fleksibilitas, serta stamina tubuh. Olahraga ini bisa dilakukan dengan peralatan yang minim atau sederhana, seperti bar, kusen pintu, kursi, dan sebagainya. Latihan yang umum dilakukan adalah pull up, push up, sit up, dan gerakan-gerakan lainnya, ada juga beberapa gerakan statis yang juga dilakukan, seperti human flag atau berpegangan pada tiang dengan posisi horizontal seperti bendera pada tiang. Back Lever, dimana posisi badan lurus dengan lantai berpegangan pada tiang horizontal, menghadap kebawah seperti gerakan dalam film Iron Man saat terbang, sedangkan posisi Front Lever adalah keadaan sebaliknya.

Mereka yang bergabung dalam komunitas ini tidak latihan asal-asalan untuk mendapatkan hasil yang bagus. Para senior selalu memotivasi member baru untuk selalu latihan dan membuatnya nyaman di Draconian, seperti keluarga, oleh karena itu jumlah anggotanya pun terus bertambah. Di Draconian sendiri juga sudah ada Draconian Ladies, untuk mengorganisasi anggota-anggota khusus perempuan, saat ini anggota perempuan yang bergabung sudah 18 orang. Selain olahraga, mereka juga kadang melakukan aksi kegiatan-kegiatan sosial, seperti mengajak anak-anak yatim ke Surabaya Carnival, untuk bermain disana menikmati wahana-wahana yang ada. Draconian juga menjalin hubungan dengan komunitas-komunitas street workout yang ada di Asia dan Eropa, dimana ingin menunjukkan bahwa di Indonesia juga ada street workout seperti ini.

Menurut Indra, salah satu anggota dari Draconian, Dia bersyukur dan senang sekali bisa dipertemukan dengan komunitas seperti ini yang penuh rasa kekeluargaan. Sebelum bergabung Indra memiliki berat badan 75 Kg dengan tinggi yang hanya 165 Cm, setelah bergabung dan melakukan latihan serius beratnya turun menjadi 62 Kg, padahal sebelumnya untuk pull up dan push up saja tidak bisa. Victor berharap olahraga ini semakin berkembang dan menyehatkan masyarakat, ada perhatian dari pemerintah kota Surabaya untuk memfasilitasi komunitas-komunitas yang ada, dengan membangun sarana yang layak dan optimal untuk olahraga ini, di taman-taman kota yang bisa menjadi sarana olahraga dan rekreasi keluarga. Jika Anda tertarik untuk memiliki tubuh sehat dan ideal, Anda bisa bergabung dengan komunitas ini.

Nama               : Draconian Calisthenics Team
Anggota          : 80 Orang
Facebook         : draconiansby
Instagram        : teamdraconian
Email               : teamdraconian@gmail.com
CP                   : Victor (IG : victoragustono)