Bukan Sekedar Pelepas Dahaga

0
Mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur membantu menurunkan berat badan yang berlebih, karena air putih dapat menghilangkan kotoran dan lemak yang ada di dalam tubuh melalui sekresi urine.

air putihKeberadaan air sangatlah dibutuhkan oleh kita, dimana selain untuk konsumsi tubuh, air juga dibutuhkan saat mandi, mencuci, memasak, dan lain sebagainya. Untuk konsumsi tubuh, air bukanlah hanya sebagai sekedar pelepas dahaga, tapi khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh begitu banyak. 2/3 dari tubuh kita terdiri atas air, oleh karena itu, jika tubuh kita mengalami dehidrasi kinerja anggota tubuh lainnya bisa terganggu dan mudah lelah. Menurut berbagai penelitian, organ-organ vital dalam tubuh kita seperti otak, darah, jantung, paru-paru, serta ginjal, lebih dari 75 persennya terdiri atas air, karena itu pemenuhan air ini sangat penting bagi tubuh kita.

 

Kekurangan air atau cairan tubuh akan menyebabkan gangguan pada proses metabolisme sel-sel dalam tubuh. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih dalam takaran yang cukup setiap harinya, untuk kesehatan tubuh. Menurut beberapa ahli kesehatan, kita disarankan untuk mengkonsumsi air sebanyak antara 2 hingga 3 liter setiap harinya, atau setara 8 hingga 10 gelas air. Banyak orang yang hanya mengkonsumsi air putih hanya ketika untuk menghilangkan rasa haus. Padahal kebutuhan tubuh akan air putih bukan hanya harus dipenuhi saat ada indikasi seseorang itu dalam keadaan haus, oleh karena itu kita juga harus memenuhinya diluar itu.

 

Ketika malam hari kita tidur atau beristirahat tubuh kita akan kekurangan cairan, karena pada waktu itu tubuh kita tidak mengkonsumsi cairan. Oleh karena itu kita disarankan mengkonsumsi air putih di pagi harinya setelah kita bangun tidur. Pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh manusia akan bekerja lebih baik jika mendapat pemenuhan kebutuhan air yang cukup. Air Putih bisa menggantikan sel-sel tubuh yang telah rusak dengan sel-sel baru, air putih juga berfungsi sebagai pelumas bagi pergerakan sendi-sendi tulang manusia. Selain itu, air putih juga bisa menstabilkan suhu tubuh, serta melarutkan dan mengeluarkan sampah atau racun dari dalam tubuh.

 

Mencukupi pemenuhan air putih bagi tubuh akan membantu meringankan kerja ginjal kita. Racun-racun yang diproses oleh ginjal merupakan sekresi bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman sehari-hari, serta zat-zat kimia lainnya dalam obat-obatan yang kita konsumsi. Mengkonsumsi air putih yang cukup juga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar, sehingga mendukung aktivitas dan rutinitas kerja sepanjang hari. Bagi wanita yang konsumsi air putihnya mencukupi akan menambah kecantikannya, kelembaban kulitnya akan terjaga, tidak kelihatan kering terlihat lebih bercahaya, dan terhindar dari terjadinya penuaan dini.

 

Meminum air putih yang lebih saat serangan rasa gatal dan pusing akibat gejala flu dan batuk, akan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga serangan gejala batuk dan flu akan reda. Tak hanya penyakit ringan, penyakit jantung dan serangan stroke ringan maupun serangan stroke berat yang menyebabkan kelumpuhan, dapat dihindari dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih ternyata dapat melancarkan aliran darah dalam pembuluh darah, sehingga tidak terjadi pengapuran pada dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyumbatan. Penyumbatan pada pembuluh darah ini sangat berbahaya, karena hal tersebut dapat menyebabkan serangan jantung.

Mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur membantu menurunkan berat badan yang berlebih, karena air putih dapat menghilangkan kotoran dan lemak yang ada di dalam tubuh melalui sekresi urine. Jika kita berusaha hidup sehat, terapi membiasakan mengkonsumsi air putih secara rutin dan teratur juga akan membuat kita terhindar dari terjadinya penyakit-penyakit, selain yang disebutkan di atas. Air putih ternyata sangat besar manfaatnya bagi tubuh kita, bagi mereka yang sudah mengetahuinya, menjadikan manfaat konsumsi air putih ini sebagai bagian dari gaya hidup. Meningkatkan kualitas kesehatan ternyata dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan murah.