Bugatti Veyron Super Sport (Mobil Tercepat Di Dunia)

0

Bugatti Veyron Super Sport

Setelah terjadi kontroversi, akhirnya Bugatti Veyron Super Sport tetap menjadi mobil tercepat di dunia saat ini. Hal ini dipastikan oleh Guinness World Records, setelah mengumumkan bahwa Bugatti Veyron Super Sport lebih cepat dari Hennessey Venom GT, yang juga mengklaim sebagai mobil tercepat.

Bugatti menjadi mobil produksi tercepat setelah mampu berlari dengan kecepatan 430,98 km/jam (267.8 mph), sedangkan Hennessey Venom GT mengaku mengalahkannya dengan klaim kecepatan 427,6 km/jam (265.7 mph).

Dengan angka kecepatan lebih rendah, Hennessey Venom GT mengaku sudah mengalahkan rekor kecepatan Bugatti Veyron Super Sport, karena pabrikan Perancis tersebut sudah melakukan pembatasan kecepatan pada Veyron Super Sport menjadi hanya 258 mph. Dengan begitu, Hennessey Venom GT lebih cepat karena mempunyai kecepatan 265.7 mph.

Namun, Guinness World Records menyimpulkan, rekor kecepatan Bugatti Veyron Super Sport tidak dipatahkan. Menurut pihak Guinness World Records, perubahan limiter kecepatan tidak mengubah desain dasar mobil atau mesinnya, yang berarti Veyron Super Sport tetap sebagai mobil produksi tercepat di dunia.

Bugatti meracik mesin 16 silinder berkonfigurasi W dengan kapasitas 8.000cc, dengan menyematkan 4 turbocharger yang lebih besar, termasuk memperbesar intercooler. Hasilnya mesin ini bisa memproduksi tenaga mencapai 1.200 PS dan torsinya 1.500 Nm. Sehingga, akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai hanya dalam waktu 2,5 detik. Dicoba 0-200 km/jam, hanya butuh 7,3 detik, lalu 0-300 km/jam dicapai dalam waktu 15 detik.

Hennessey Venom GT adalah mobil super dari Texas yang mengambil basis dari Lotus Elise. Dengan tangan dingin Hennessey, mobil berubah menjadi sangar dengan mesin 7 liter V8 dengan tenaga sampai 1.244 bhp.

Bugatti Veyron Super Sport ini dibanderol dengan harga USD2,4 juta atau sekitar Rp22,68 miliar. Bagi penggila mobil-mobil sport berkecepatan tinggi, Bugatti Veyron Super Sport layak menjadi koleksi.

Bugatti Veyron Super Sport