Google Plus Menantang Facebook




12Untuk menggeser dominasi Facebook berada diposisi puncak jejaring sosial di dunia maya, raksasa internet Google yang dikenal sebagai mesin pencari terbesar ini, mencoba meluncurkan produk serupa, dengan nama Google +. Google + atau yang biasa disebut Google Plus (g+) merupakan sebuah jejaring sosial, yang memiliki fungsi dan kemampuan sama dengan jejaring-jejaring sosial yang sudah ada sebelumnya, seperti Friendster, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Awalnya Google Plus ini merupakan sarana untuk menambah teman untuk sesama pemilik account di Google.

Google Plus sebenarnya merupakan usaha yang kesekian kalinya dari Google untuk menyaingi jejaring sosial Facebook, setelah sebelumnya mencoba meluncurkan Orkut, Google Wave dan Google Buzz , namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia untuk menggunakan Facebook, dari pada produk-produk Google tersebut. Namun untuk produk Google yang baru saja dirilis ini, tidaklah akan seperti pendahulunya, Google Plus memiliki kemampuan dan fungsi yang lebih komplit, bahkan beberapa fiturnya tidak dimiliki oleh Facebook.

Google Plus sendiri memiliki empat fitur andalan yang bisa Anda coba, diantaranya adalah ‘Circles’, yang berfungsi untuk membuat lingkaran pertemanan dan memasukkan nama-nama teman kedalam grup yang kita inginkan, serta berbagi konten dengan format yang berbeda-beda dalam setiap grup. ‘Hangouts’ merupakan layanan conference lebih dari dua orang dengan video call. ‘Huddle’, layanan ini menyediakan fasilitas grup-grup dalam jaringan, untuk mengirim pesan instant. Sedangkan yang terahir adalah ‘Sparks’, merupakan fitur yang menghubungkan individu dalam jaringan, kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap suatu hal.

Sejak dibuka untuk umum pada awal Juli 2011, jutaan orang sudah bergabung dan menjadi pemilik akun di Google Plus, walaupun saat ini Google Plus baru bisa dinikmati lewat undangan dari penggunanya yang sudah terdaftar. Untuk bisa mempunyai akun dan bergabung di Google Plus ini Anda harus memiliki email di Google (gmail) terlebih dahulu. Google + (Google Plus) Telah melakukan pemanasan dengan cara menebar button +1 beberapa bulan yang lalu, di setiap hasil pencarian search engine, dimana pengguna pada saat melakukan pencarian dalam keadaan login di gmail, barulah fitur ini dapat terlihat.

Banyak kelebihan dan beberapa fitur baru yang bisa kita dapat dari Google Plus, diantaranya adalah fitur Repost, yang mirip retweet di Twitter dan tidak dimiliki oleh Facebook. Model huruf juga bisa dibuat dengan mode miring, coret atau tebal, dimana mode ini tidak ada pada Facebook dan Twitter. Bagi Anda yang suka dengan gambar GIF, Google Plus menyediakan fasilitas ini, agar gambar yang berekstensi GIF tetap bisa bergerak. Masih banyak fitur lainnya yang bisa Anda nikmati dan coba ketika sudah mempunyai akun di Google Plus, tapi apakah kehadiran Google Plus ini akan menggeser posisi Facebook, Anda mungkin dapat memprediksikannya setelah melihat dan merasakan manfaat serta kemudahan yang dihadirkan oleh Google Pulus ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*