Wawan, The King Of Soto

0

profilSukses dibalik Brand Tosoto dan Soto Madura Wawan, tentunya juga membuat kita salut dan penasaran, siapakah orang dibalik suksesnya kedua Brand itu?

Dialah Wawan Sugianto, Owner sekaligus Creative Director dari Brand Tosoto dan Soto Madura Wawan. Pertama kali Dia mengenal Soto Madura, melalui orang tua temannya yang berprofesi sebagai penjual Soto Madura. Berbekal semangat dan modal dengkul, akhirnya Wawan memberanikan diri membuka usaha berjualan Soto Madura di Jl. Mayjend Sungkono Surabaya, dan masih bertahan hingga sampai saat ini dengan brand Soto Madura Wawan.
Wawan mencoba melakukan inovasi dan diversifikasi produk. Karena banyaknya teman yg ingin mengajaknya bekerja sama, ahirnya soto wawan diwaralabakan dengan Brand Tosoto. Nama Tosoto mungkin terdengar unik, nama ini berasal dari bahasa Madura. Saat Dia berkunjung ke Madura, ketika itu anaknya yang gendut melintas dihadapan teman-teman dan kerabatnya yang sedang berkumpul pada saat itu. Mereka sambil bercanda mengolok-olok anaknya dengan kata-kata Tosoto, mungkin karena bapaknya yang tukang atau bakul soto.wawan
Mendengar kata-kata yang unik itu, wawan mempunyai ide untuk menjadikan kata itu sebagai sebuah brand, dari rumah makan yang akan dia buka. Dan ahirnya Tosoto pun kini menjadi sebuah brand yang dikenal oleh semua orang di Indonesia. Sejak pertama kali didirikan di tahun 2008, kini Tosoto sudah memiliki 80 cabang yang tersebar diseluruh kota-kota besar yang ada di Indonesia, tutur pria yang lahir di Bojonegoro 39 tahun yang lalu ini. Mottonya adalah selalu semangat dalam menjalankan setiap usaha. Wawan menuturkan bahwa kunci sukses sebuah usaha adalah selalu mengasah kemampuan dan keterampilan yang kita miliki, sesuai dengan bidang yang kita tekuni dan selalu memperhatikan manajemen usahanya.
Dia berharap kelak usahanya dapat diteruskan olah anak-anaknya, dan terus berkembang, sehingga lebih banyak lagi membuka lapangan pekerjaan. Keluarga selalu mendukung penuh setiap usaha yang dilakukan Wawan, istri tercintanya memegang kendali penuh untuk manajemen setiap usaha yang dilakukannya, sedangkan untuk urusan bergerilya menjadi tugas Wawan, karena Dia piawai sebagai Produk Planner dan Creative Director untuk pertumbuhan dan perkembangan usahanya.