Tips Merawat Anak bagi Ibu yang bekerja

0

ibuMengasuh anak merupakan kewajiban orang tua, khususnya ibu. Namun bagaimana jika seorang ibu rumah tangga adalah termasuk wanita karier, Menurut Siti Marini Wulandari, psikolog sebagaimana dilansir infoanak.com, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan oleh seorang ibu yang bekerja di luar rumah, antara lain:
Ketika ibu bekerja, siapakah pengganti dari ibu, karena peran pengganti figur ibu juga menentukan keoptimalan dari perkembangan anak. Untuk itu, ibu perlu bekerja sama dengan pengasuh agar dapatĀ  terus memantau pertumbuhan dan perkembangan anak. Ibu harus aktif mencari tahu segala informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.
Ibu harus meluangkan waktu untuk memenuhi waktu yang hilang bersama anak. Dengan demikian kedekatan emosional masih terus terjaga dan ibu bisa terus memberikan stimulus pada anak agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berkembang secara optimal.
Anak yang tumbuh dengan sehat, maka kemampuannya juga akan berkembang dengan baik. Dengan kata lain, anak yang sehat secara fisik maka kecerdasannya juga akan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Kecuali jika ada kasus-kasus khusus pada anak, misalnya autis, hiperaktif, dll maka hal ini diperlukan penanganan khusus.