Sering Keluar Masuk Karyawan ??

0

dSalah satu kecemasan yang dialami oleh business owner adalah ketika teamnya diberikan training, ketika sudah mendapatkan pengalaman dan semakin pintar, ia akan keluar. Nah apakah ketika karyawan semakin pengalaman dan pintar pasti memutuskan keluar ? Ternyata tidak. Dari pengalaman saya ketika kita membimbing karyawan tersebut dari tahap ke tahap, sang karyawan justru akan bertahan karena ia merasa di perhatikan. Hal ini berbeda dengan apabila sang karyawan merasa ia belajar sendiri, serta mendapatkan pengalaman secara otodidak.

Ada dua hal yang menyebabkan karyawan memilih tetap bertahan, yang pertama adalah suasana lingkungan di perusahaan anda. Bukan hanya hubungan dengan rekan-rekan sekerja, namun juga hubungan dengan atasan dan bawahan. Hubungan yang positif ini akan membantu kelancaran komunikasi dengan siapa saja dan ini sangat penting. Apabila hubungan dan komunikasi tersebut tidak terjalin dengan baik, maka diantara karyawan dan atasan akan muncul berita-berita yang belum tentu kebenarannya, sehingga tidak membuat suana kerja menjadi nyaman.

Yang kedua adalah kesempatan mengembangkan diri dan pengakuan yang diberikan perusahaan. Ketika setiap karyawan merasa bahwa ia memiliki kontribusi bagi perusahaan, baik diposisi manapun mereka berada dan adanya penghargaan yang diberikan (tidak harus berupa materi ). Semoga bermanfaat !

Dapatkan FREE konsultasi atau FREE training LEAN SYSTEM mengenai strategi-strategi pengembangan team anda, meningkatkan omzet dan mengatasi pemborosan di perusahaan Anda dengan menukarkan kupon ini dan hubungi : Pin BB 7A6B A86E dan WhatsApp +6281332395071

Reza Rifanto M.Psi., Psikolog (Executive Partner, Lean System Consultant, Book Writer)
www.WBI-Indonesia.com